TMMD Ke- 105  Kodim 0117/Aceh Tamiang Resmi Dibuka, Bupati Irup Upacara

TMMD ke-105 Reguler Tahun 2019 Kodim 0117/Aceh Tamiang resmi dibuka, Rabu (10/7/2019) dalam upacara khusus yang dipusatkan di Lapangan depan Mess PT. Seumadam Desa Tanjung Gelumpang Kecamatan Sekerak (Foto/hR/Eddy).

Aceh Tamiang – haba RAKYAT .

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Reguler Tahun 2019 Kodim 0117/Aceh Tamiang resmi dibuka, Rabu (10/7/2019) dalam upacara khusus yang dipusatkan di Lapangan depan Mess PT. Seumadam Desa Tanjung Gelumpang Kecamatan . Sekerak.

Bertindak sebagai Irup Upacara Bupati Aceh Tamiang H Mursil dan juga turut dihadiri langsung Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto SIP dan pejabat teras TNI lainnya.

Adapun tema yang diusung ” Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat “.

Irup dalam amanatnya mengatakan program TNI Manunggal membangun desa (TMMD) adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI,POLRI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat.

,”Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah Pedesaan, sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD.

Peran dan kerjasama yang erat dari semua stakeholder, baik Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, Swasta yang didukung partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD.

Program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Melalui program TMMD secara berkesinambungan diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai benqu ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara.

Dalam program TMMD ke-105 ini, TNI AD bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, terutama terkait dengan kegiatan sasaran non fusik, yaitu berupa peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, keamanan dan ketertiban masyarakat, serta pengetahuan Iain yang dibutuhkan masyarakat pedesaan.

Sedangkan sasaran yang dilakukan tetap diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, serta pembangunan rumah masyarakat yang tidak layak huni dalam rangka memberdayakan masyarakat pedesaan.

Hal ini juga sejalan dengan tema TMMD ke-105, yaitu “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Semoga tema ini, dapat dijadikan pendorong semangat untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di daerah, sehingga Wilayah Provinsi Aceh semakin maju dan sejahtera.

,”Sebelum mengakhiri amanat ini, Kami minta kepada seluruh prajurit yang melaksanaan tugas TMMD untuk dapat memperhatikan dan mempedomani kegiatan TMMD ini merupakan suatu kehormatan bagi kita semua. laksanakan tugas mulia ini dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab, bekerjalah secara profesional dengan tetap memperhatikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

,”Jaga jiwa korsa antar sesama prajurit, agar kehadiran kalian mampu memberikan keteladanan dalam membangun soliditas bangsa. pupuk semangat gotongroyong dan kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga program TMMD ini dapat dijadikan sebagai wahana dalam memantapkan kemanunggalan TNI- Rakyat.

,”Hadirlah sebagai sumber inspirasi dengan meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, serta mampu mengembangkan komunikasi sosial yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat memotivasi semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri.

,”Kenali dan kuasai adat istiadat dan budaya daerah setempat, sebagai sarana untuk mempermudah interaksi dengan masyarakat, sehingga pelaksanaan tugastugas di lapangan mampu dilaksanakan secara optimal dan terhindar dari adanya haI-hal yang kontra produktif yang merugikan masyarakat.

,”Utamakan skala prioritas yang tetap berorientasi pada keberhasilan pencapaian sasaran dengan memanfaatkan segala dukungan yang ada secara optimal, sehingga penyelenggaraan TMMD berhasil dan berdaya guna bagi peningkatan dan perbaikan kehidupan sosial masyarakat.

Upacara pembukaan ini turut dihadiri Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S.Sos, M.I.Pol, Dandim 0103/Aut Letkol Inf Agung Sukoco, Dandim 0104/Atim di wakili Pasiter Dim 0104/Atim Kapten Inf. Meswanto, Danradar 231 Lhoksemawe Mayor Ardi.Y, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, S.l.k, MH, Danyon RK 111/ KB Letkol Inf. Guruh Tjahyono, Sip dan pejabat lainnya. (Eddy/hR)