TMMD, WUJUDKAN ASA WARGA EMPAT DESA DI ACEH TAMIANG #Si Bolang Sekumur Semangati Bapak – Bapak TNI

Catatan : Eddyanto SST
( Media haba RAKYAT )

Foto Pendukung Berita : Semangat, senyum sumringah dan tawa riang si Bolang anak anak Desa Sekumur Sekerak Aceh Tamiang atas hadirnya Giat TMMD diwilayah ini (Foto / hR/Pendim 0117 Aceh Tamiang).

PERNAHKAH  anda meyaksikan atau menonton serial televisi si BOLANG atau Bocah Petualang yang disiarkan disalah satu stasiun televisi swasta nasional? Ya, tentunya pasti pernah dan tidak asing lagi.

Kisah inspiratif bocah bocah petualang tangguh ditanah air itu ternyata juga ada di desa pedalaman pinggiran Sungai Tamiang , yakni Desa Sekumur Kecamatan Sekerak.

Ya, dilokasi pelaksanaan giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ) Reguler ke 105 Kodim 0117/Aceh Tamiang tersebut yang saat ini sedang berlangsung sejak dibuka oleh Bupati Aceh Tamiang H Mursil dan dihadiri langsung Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto pada 10 Juli 2019 dan akan berlangsung hingga 8 Agustus 2019 mendatang menjadi inspirasi besar bagi bapak bapak TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ini untuk  memberikan yang terbaik bagi rakyatnya serta daerah berjuluk  Bumi Muda Sedia ini.

Ternyata semangat, senyum sumringah dan tawa lepas anak anak Desa Sekumur Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang  yang  selalu tampak riang gembira bermain air di sungai tersebut saban harinya usai pulang sekolah dan mengaji menjadi penyemangat dan motivasi luarbiasa bagi Satgas TMMD dan warga pedalaman Aceh Tamiang  yang sedang  berjuang menuntaskan program TMMD yang dicanangkan diwilayah ini bersama tiga desa pedalaman lainnya yakni Drsa  Juar, Pematang Durian dan Sulum.

Penat, lelah dan rasa rindu meninggalkan anak dan istri tercinta  serta keluarga  untuk sementara waktu yang dirasakan oleh bapak bapak TNI dari  Satgas TMMD ini langsung terobati melihat canda tawa anak anak Desa Sekumur yang terkadang  walaupun bertelanjang dada asyik berenang dan tertawa lepas sesama rekan-rekan sebayanya.

Sebaliknya, hadirnya bapak bapak TNI ini di desa mereka juga menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Sekumur dan tiga desa lainnya karena lewat  program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ) ini , asa /harapan warga pedalaman Aceh Tamiang tersebut terwujudkan.

Pembangunan desa  mereka yang terbilang jauh tertinggal , atau selama ini mereka hanya bisa bermimpi, kini terwujudkan berkat hadirnya TMMD.

Asa warga empat desa ini akhirnya  tertunaikan berkat giat TMMD diwilayah ini. Ya, bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BANGUN FISIK DAN MENTAL IDIOLOGI

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD yang juga Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf  Deki Rayusyah Putra S.Sos M.I Pol  kepada rekan rekan media mengatakan dalam Giat TMMD ini pihaknya membuat sejumlah program yang menyentuh langsung hajat hidup masyarakat banyak  seperti pengobatan massal dan KB Kesehatan, Pelayanan KB IUD dan Implant gratis bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Juga ada 
sosialisasi penyuluhan wasbang kepada masyarakat yang diikuti warga  dan perangkat kampung dari empat kampung lokasi target TMMD.

Dandim 0117/Aceh Tamiang  mengatakan semoga apa yang sudah kita bangun serta yang di amanahkan dari program TMMD ini kepada kita dapat bermanfaat untuk masyarakat daerah ini.

Adapun yang dibangun dalam TMMD ini seperti sasaran pembangunan fisik diantaranya pembangunan jalan sepanjang 8 Kilometer , pembangunan 11 titik gorong gorong, pembangunan  6 plat beton, pembangunan serta renovasi 4  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan pengecatan mushalla desa.

Sedangkan sasaran non fisik adalah berupa pemberian materi /sosialisasi wawasan kebangsaan, bela negara dan penyuluhan tentang bahaya narkoba serta lainnya.

BERTERIMAKASIH

Terkait program TMMD ke 105 ini, Datok Penghulu dan perangkat kampung dari empat desa sasaran TMMD ini masing masing Datok Penghulu Desa Sekumur Maimunah, Datok Penghulu Desa Pematang Durian Hasanuddin, Datok Penghulu Desa Sulum Jamal Arifin, Sekdes Desa Sekumur Najamuddin mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi atas hadirnya giat TMMD di desa mereka.

Datok Penghulu Desa Sekumur diwakili Sekdes Najamuddin menyampailan terimakasih kepada bapak Dandim 0117/ Aceh Tamiang dan jajaran yang telah membuka TMMD di 4 wilayah dalam Kecamatan Sekerak ini.

Apalagi sebutnya dalam program ini , bapak bapak TNI membangun sarana transportasi jalan mulai dari Kampung Sekumur hingga Kampung Sulum.

“Alhamdulillah sudah banyak jembatan dan gorong- gorong yang sudah dibangun sehingga mempermudah kami masyarakat untuk melintasi dari kampung Sekumur sampai  Sulum .Juga pembedahan Rumah  Tidak Layak Huni (RTLH).

SISI POSITIF

Dandim 0117/Aceh Tamiang mengatakan salah satu sisi positif dari program TMMD yang tidak saja mengerjakan sasaran fisik dan non fisik sesuai program tetapi ada kebersamaan dan kemanunggalan yang sudah berjalan baik patut kita jaga dan kembangkan di masyarakat.

TMMD ini adalah bagian dari budaya gotong royong yang  dimiliki oleh masyarakat Indonesia dan TNI dalam berpartisipasi sekaligus memotivasi warga untuk melestarikan budaya luhur ini.

Budaya itulah yang mampu meningkatkan kohesivitas persatuan dan kesatuan bangsa yang tentunya akan menjadi modal dasar dalam menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dalam berkehidupan sosial,” tegas Dandim.

SUJUD SYUKUR SITI BAHARIAH

Penantian Siti Bahariah akankah rumahnya direhab  oleh Satgas TMMD akhirnya berbuah manis.

Warga Desa Sekumur, Kecamatan Sekerak ini bak mimpi karena sudah hitungan tahunan dirinya sangat mendambakan rumahnya yang tidak layak huni bisa segera direhab menjadi layak huni dan nyaman.

Sujud syukur atas bantuan  dari bapak bapak TNI ini, ” ucap Siti Baariah lirih dengan mata berkaca kaca karena 
digubuk reotnya yang ditempatinya  saat ini bersama anak dan kedua cucunya akan segera berganti dengan rumah yang lebih layak dan sehat.

HADIR SEBAGAI SUMBER INSPIRASI

Bupati Aceh Tamiang H Mursil dalam menyikapi hadirnya giat TMMD diwilayah yang dipimpinnya ini  mengatakan  program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
Hadirlah sebagai sumber inspirasi dengan meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, serta mampu mengembangkan komunikasi sosial yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat memotivasi semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri.

Bupati juga menyampaikan terimakasihnya atas hadirnya 
Dandim 0103/Aceh Utara  Letkol Inf Agung Sukoco, Dandim 0104/Aceh Timur di wakili Pasiter Dim 0104/Atim Kapten Inf. Meswanto, Danradar 231 Lhoksemawe Mayor Ardi.Y, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, S.l.k, MH, Danyon RK 111/ KB Letkol Inf. Guruh Tjahyono, Sip dan pejabat lainnya dalam mendukung giat TMMD ini. (Tulisan ini diikutsertakan dalam Lonba Karya Jurnalistik TMMD ke 105 Tahun 2019).

Foto foto pendukung berita :

Teks foto.
TMMD ke-105 Reguler Tahun  2019  Kodim 0117/Aceh Tamiang resmi dibuka, Rabu (10/7/2019)  dalam upacara khusus yang dipusatkan di Lapangan depan Mess PT. Seumadam Desa Tanjung Gelumpang Kecamatan . Sekerak (Foto/hR/Pendim 0117 Aceh Tamiang).

Teks foto.
Tampak antusiasme masyarakat saat mengikuti pengobatan massal KB Kes di pembukaan TMMD ke 105 Koidim 0117/Aceh Tamiang
(Foto/hR/Pendim 0117 Aceh Tamiang).