K2MI Aceh Utara : “Siap Laksanakan Ujian Semester Berbasis Komputer”

Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA saat memberikan bimbingan dan arahannya pada rapat rutin K2M-MI, Selasa (26/11) di MIN 11 Aceh Utara. (Photo/hR/Yoes).

Para Kepala MI Negeri dan Swasta se- Kabupaten Aceh Utara berfose bersama Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA, Kasi Penmad, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA dan Korwas, Drs. H. Karimuddin menjelang rapat finalisasi pelaksanaan ujian semester berbasis komputer, Selasa (26/11) di MIN 11 Aceh Utara. (Photo/hR/Yoes).

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Ujian semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 bagi murid kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Provinsi Aceh dengan menggunakan komputer hanya tinggal sepekan lagi. Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (K2MI) Kabupaten Aceh Utara mengadakan rapat finalisasi tentang persiapan dan pelaksanaan ujian dimaksud. Pertemuan kali ini dilaksanakan di MIN 11 Aceh Utara, Selasa (26/11).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA, Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA, Kordinator Pengawas Kemenag Aceh Utara, Drs. H. Karimuddin dan Pengawas MI, Muslim, S.Ag serta para Kepala MI Negeri dan Swasta se Aceh Utara.

Ketua K2MI Aceh Utara, M. Amin, S.Pd.I menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kehadiran para Kepala MI pada rapat ini. Sekalipun pelaksanaannya di ujung timur Kabupaten Aceh Utara. Ini menandakan bahwa, masih kentalnya kebersamaan dan ukhwah diantara Kepala Madrasah, terlebih sangat antusiasnya menyambut kehadiran sistem ujian semester berbasis komputer sebagaimana yang diharapkan pihak Kanwil Kemenag Aceh, katanya.

“Alhamdulillah, sudah 85 % MI melaksanakan sosialisai bagi orangtua/wali murid dan simulasi ujian berbasis komputer/android kepada murid kelas VI tanpa adanya kendala yang berarti. Saya yakin, jadwal ujian yang telah ditentukan pada tanggal 2 Desember nanti, semua madrasah sudah siap melaksanakannya, sebagaimana Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah Berbasis Komputer (UAMBDBK) tahun lalu”, ujar M. Amin.

Hal senada juga disampaikan H. Hamdani A. Jalil, atas keseriusan para kepala MI menyahuti pelaksanaan ujian semester bagi murid kelas VI dengan menggunakan aplikasi. Masih tertanamnya kepercayaan masyarakat menyekolahkan anaknya di madrasah, oleh karenanya mengajak untuk terus melakukan berbagai perubahan dalam mewujudkan madrasah lebih baik, dan lebih baik madrasah dengan berbagai tantangan yang dihadapi, seiring dengan perkembangan zaman, ungkapnya.

“Mari berkarya demi anak bangsa”, ajak Kasi Pendidikan Madrasah.

Sementara itu, Kakankemenag Kabupaten Aceh Utara, H. Salamina, MA mengapresiasikan atas respon baik para kepala MI di jajarannya, yang telah berupaya semaksimal mungkin dalam menyukseskan ujian semester berbasis komputer. Keberhasilan dan kesuksesan tentunya akan kita miliki, apabila pada diri kita adanya kemauan yang keras untuk berbuat. Kerja keras dengan penuh ikhlas dalam mendidik dan membina generasi penerus menjadi bangsa yang cerdas dilandasi iman dan taqwa adalah tugas kita-kita di madrasah, tegasnya.

“Guru madrasah pembenteng moral/akhlak bagi anak-anak didik, bukan semata pemberi ilmu kepada murid. Jadilah tiket guru untuk menuju syurga-Nya Allah SWT”, pinta H. Salamina.

Amatan haba RAKYAT, sebelum kegiatan berakhir, forum tersebut diisi dengan sosialisasi tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), yang merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data yang dikerjakan kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Republik Indonesia, Nomor 58 Tahun 2017, yang disajikan oleh Kordinator Pengawas (Korwas),  Drs. H. Karimuddin. (Yoes/hR)

News Reporter
Don`t copy text!