Pelantikan Pimpinan Definitif DPRK Bener Meriah Masa Jabatan 2019 – 2024

Bener Meriah – haba RAKYAT |

Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah, menggelar Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah dengan agenda Pengambilan Sumpah Pimpinan Definitif DPRK Bener Meriah, Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024, dilaksanakan pada hari, Selasa, Tanggal 26 November 2019. Acara bertempat di ruang sidang DPRK Bener Meriah, Serule Kayu Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

Rapat Paripurna yang dibuka dan terbuka untuk umum oleh Ketua Sementara DPRK Bener Meriah Darwinsyah sebagai pimpinan sidang, sukses terlaksana dengan khidmad dan tertib. Pengambilan sumpah jabatan dipandu Ketua Pengadilan Bener Meriah dan pengukuh rohani oleh Kakankemenag Bener Meriah.

Acara dihadiri Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, Sekertaris Daerah Kab. Bener Meriah, jajaran Forkopimda dan Forkopimda Plus, Anggota DPRA 2019 – 2024, Seluruh Anggota DPRK Bener Meriah periode 2019 -2024, Dandim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah, Kapolres Bener Meriah, Mantan Bupati Bener Meriah dan juga Tokoh Masyarakat yang pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI Ir. Tagore Abubakar, para Mantan Wakil Bupati dan Pj Bupati Bener Meriah, para Mantan Ketua DPRK Bener Meriah. Ketua dan Komisisoner KIP Bener Meriah, Ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten Bener Meriah, Pimpinan Partai Politik, Ormas se-Kabupaten Bener Meriah, keluarga besar DPRK Bener Meriah serta tamu undangan.

Berikut rangkaian suksesi acara Pelantikan Ketua Definitif DPRK Bener Meriah yang dihimpun dan dirangkum media. Pembukaan acara diawali dengan Pembacaan Ayat suci Al-quran, dilanjutkan Sholawat Badar dan dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya penyerahan Kitab Suci Alqur’an sebagai sumbangan wajib kepada masyarakat yang diserahkan secara simbolis oleh calon Ketua Definitif DPRK Bener Meriah dan diterima Bupati Bener Meriah Tgk. H Syarkawi, serta penyampaian pandangan umum dari Ketua Sementara DPRK Bener Meriah, Darwinsyah.

Pandangan Umum Ketua Sementara.

Selanjutnya pada pandangan umum dalam sidang peresmian pengangkatan dan pengambilan sumpah Ketua Definitif DPRK, Darwinsyah selaku Ketua Sementara mengatakan selama 3 bulan masa jabatan, beliau beserta sekretariat DPRK sebagai panitia dalam acara pelantikan, telah mempersiapkan segala kebutuhan kesuksesan pelaksanaan pelantikan. Selain itu Darwinsyah juga menyampaikan tugas pokok selaku Ketua Sementara dan ucapan terimakasihnya.

“Izinkan kami atas nama pimpinan sementara dan anggota DPRK Bener Meriah, mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRK Bener Meriah 2014 – 2019 yang mungkin hadir pada saat ini, juga kepada anggota DPRK periode 2019 – 2024 dan kepada seluruh jajaran sekretariat DPRK Bener Meriah yang telah berjuang keras membantu kesuksesan acara peresmian pengangkatan dan pengucapan sumpah pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah masa jabatan 2019 – 2024.

Saudara Bupati dan seluruh hadirin yang berbahagia, kami sebagai pimpinan sementara dan anggota telah melaksanakan program pemerintah sesuai amanat nomor 12 Tahun 2018 yang diselaraskan dengan tata tertib DPRK Bener Meriah yang telah disepakati dan Alhamdulillah dengan giat seluruh anggota DPRK Bener Meriah telah sukses melakukan penetapan pimpinan dan berjalan dengan lancar yang berdasarkan pada koordinasi dari masing masing partai politik yang memiliki kursi terbanyak dan berhak mengisi kursi pimpinan yang ditetapkan dalam rapat paripurna pada hari Selasa, Tanggal  26 November, Tahun 2019. Dengan posisi Pimpinan DPRK sebagai berikut.

Ketua saudaraku Muhammad Saleh, Wakil Ketua saudaraku Teungku Husnul Ilmi,S,Sy dan Wakil ketua saudaraku Anwar. Saudara Bupati dan sidang dewan yang kami muliakan, hasil penetapan tersebut telah ditetapkan dalam surat keputusan Gubernur Aceh, Nomor 171.11/1764/2019, Tanggal 8 November 2019. Tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRK Bener Meriah, tugas selaku pimpinan sementara telah selesai dengan dilantiknya pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah untuk masa jabatan 2019 – 2024.

Dengan kebersamaan dan kesepakatan bersama seluruh anggota DPRK Bener Meriah, Insya Allah sebentar lagi akan memiliki pimpinan definitif. Yang dilakukan dan dilantik dan diambil sumpahnya ketua dan wakil ketua definitif, bahwa pelaksana yang melakukan pengambilan sumpah Ketua dan Wakil Ketua dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong dan disaksikan pengambilan sumpah Alquran dari Kepala Kementrian Agama.  Oleh Karena itu kami sebagai pimpinan sementara DPRK Bener Meriah, menyampaikan terimakasih kepada Ketua Pengadilan Negeri Sp. 3 Redelong dan juga Kepala Kantor Kementerian Agama yang telah meluangkan waktu untuk pengambilan sumpah pimpinan DPRK Bener Meriah yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Usai prosesi pengambilan sumpah ini, tugas kami selaku pimpinan sementara telah sempurna.

Saudara Bupati, saudara Dewan yang kami muliakan. Sedikit kami ceritakan kronologi semenjak dilantiknya pimpinan sementara pada lembaga yang terhormat ini. Pertama kami telah menyusun tatatertib anggota DPRK Bener Meriah dan telah kita sampaikan ke pimpinan hukum di Provinsi Aceh, untuk dilakukan evaluasi pada tanggal 4 Oktober 2019 yang sekarang tinggal menunggu perubahan dari Gubernur Aceh. Yang kedua, kami telah memfasilitasi terbentuknya fraksi di DPRK Bener Meriah. Alhamdulillah kami telah menyelesaikan pengusulan nama-nama pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah formasi 2019-2024. Dan telah kita usulkan ke Gubernur melalui tata pemerintahan Sekda Aceh pada tanggal 15 Oktober 2019. Sebagaimana yang akan kita langsungkan peresmianya dalam rapat paripurna DPRK Bener Meriah.

Saudara Bupati dan sidang Dewan yang kami muliakan, untuk itu pada kesempatan ini, saya selaku Ketua dan Wakil Ketua sementara mewakili semua anggota DPRK Bener Meriah, memohon maaf kepada seluruh masyarakat Bener Meriah atas keterlambatan proses pelantikan Pimpinan Definitif DPRK Bener Meriah. Alhamdulillah dengan kerjasama dan hati yang tulus dengan semua rekan – rekan kami anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, tugas ini dapat kita selesaikan. Mudah-mudahan kekompakan dan kebersamaan ini tetap terjaga, perbedaan adalah satu berkah bagi kita. Bersatu dalam membangun bangsa dan membangun cita-cita sesuai dengan amanat Undang – Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, adalah hal yang paling utama.

Maka dalam hal ini kami mengharap semua kalangan untuk bersatu, merapatkan barisan dalam menyongsong Bener Meriah yang lebih maju dan jaya. Semoga Allah Subhanna Wataala meridhoi kita semua, Aamiin ya Robbal Alamin. Selama kepemimpinan kami yang persis berjalan 3 bulan, selanjutnya agar Tuhan memberkati, oleh karena itu saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan menjalankan tugas dan kewajiban kepada kami sebagai pimpinan sementara Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah. Harapan kami, kepada saudara – saudaraku Pimpinan Definitif yang sebentar lagi akan dikukuhkan melalui sumpah dan janji, dapat memimpin lembaga yang terhormat ini, jauh lebih baik demi pembangunan –pembangunan Kabupaten Bener Meriah yang kita cintai.

Acara ini adalah momentum saudara-saudaraku yang sangat penting untuk menentukan langkah dalam menghadapi rintangan yang menghadang, demi masadepan Bener Meriah yang lebih baik. Mari kita bersama-sama bahu membahu, kita tingkatkan koordinasi antara Eksekutif dan Legislatif, juga koordinasi bersama unsur unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus. Kami yakin saudara-saudaraku, di mana persoalan tidak bisa kita selesaikan permasalahan dalam kehidupan kita. Sebagai contoh, Tapal Batas Kabupaten, Konflik Gajah Liar yang telah meresahkan masyarakat, serta persoalan-persoalan lainya.

Sedangkan terhadap pengisian jabatan Wakil Bupati sangatlah penting, untuk membantu tugas Bupati dalam melaksanakan roda pemerintahan. Kami juga berkeinginan Ketua Definitif DPRK Bener Meriah tak isolir sendiri di rumah jabatan, untuk itu ada kawan Wakil Bupati sudah terisi, sebagai teman berdiskusi pada saat sore hari sambil minum kopi, Insya Allah semua permasalahan akan bisa kita selesaikan.

Saudara Bupati sidang dewan yang kami hormati, akhirnya atas nama Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, kami mengajak seluruh hadirin untuk mengikuti acara ini sampai tuntas, semoga acara ini berjalan dengan lancar. Kemudian dalam sambutan kami ini, kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan saudara-saudara tamu undangan, unsur Forkopimda dan Forkopimda plus, atas nama saya pribadi dan rekan saya Andisatra yang lebih kurang selama 5 tahun, sebagai rekan bapa-ibu sekalian di Forkopimda. Kami ucapkan terimakasih banyak atas segala dukungan dan kami mohon maaf, mungkin dalam berkomunikasi ada perkataan ucapan dan tindak tanduk yang menyinggung perasaan. Saudara Bupati, sidang dewan dan hadirin yang kami hormati, Insya Allah kami akan berusaha mewarnai perjalanan roda pemerintahan Kabupaten Bener Meriah, sebagai kiasan makanan tidak akan enak tanpa ada bawang, biarlah kami menjadi bawang sebagai penyedap dari makanan yang akan kita santap. Demikianlah sambutan sidang dewan yang dapat kami sampaikan pada hari ini, mohon maaf atas segala kekurangan dan marilah kita berserah diri kepad Allah SWT.

Usai kata sambutan dan pandangan umum dari Ketua Sementara DPRK Bener Meriah Darwinsah, selanjutnya protokoler mengumumkan pembacaan surat keputusan dari Gubernur Aceh yang dibacakan oleh Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Ruf Akbar,SH.MM.

Pembacaan Surat Keputusan Gubernur Aceh.

Keputusan Gubernur Aceh, Nomor 171.11/1154/2019. Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah. Gubernur Aceh menimbang :

A. Bahwa sesuai surat Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Nomor 170/84/DPRK/2019. Perihal Pengangkatan Pimpinan Definitif DPRK Bener Meriah Periode 2019-2024, yang menyampaikan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Nomor 07/KPPS/DPRK/2019. Tanggal 14 Oktober 2019. Tentang Pengusulan Penetapan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah Periode 2019-2024 dan Surat Bupati Bener Meriah, Nomor 170/134, Tanggal  21 Oktober 2019, Perihal Usulan Pengukuhan Pimpinan DPRK Bener Meriah Periode 2019-2024. Yang namanya sebagaimana tercantum dalam diktum ke satu keputusan Gubernur Aceh ini, telah memenuhi syarat untuk diresmikan pengangkatan sebagai Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

B. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf A, perlu menetapkan tentang peresmian pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, mengingat dan seterusnya dengan memutuskan, menetapkan, Ke 1 (Satu) meresmikan pengangkatan saudara :

a. Muhammad Saleh dari Partai Golongan Karya Kabupaten Bener Meriah sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

b. Tgk. Husnul Ilmi,S.Sy dari Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Bener Meriah, sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

c. Anwar dari Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Bener Meriah, sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Ke 2 (Dua), pengucapan sumpah sebagai Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Simpang 3 Redelong, dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Ke 3 (Tiga), Keputusan Gubernur ini mulai berlaku pada tanggal  diucapkan sumpah, dengan ketentuan maka apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam ketetapan ini akan diperbaiki kembali sebagaimana mestinya. Ditetapkan di Banda Aceh pada tanggal, 8 Oktober 2019 atau 11 Rabiul Awal 1441 Hijriah. Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Setelah pembacaan Surat Keputusan Gubernur Aceh, dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan Ketua Definitif DPRK Bener Meriah, dipandu pengukuh Sumpah dari Ketua Pengadilan Negeri Sp. 3 Redelong Mahendra Samara Purnajati,SH.MH dan pengukuh rohani dari Kepala Kantor Kementerian Agama Bener Meriah H. Saidi B,S.Ag.  Selesai acara pengukuhan sumpah dan penandatanganan berkas acara pelantikan, dilanjutkan dengan penyerahan palu pimpinan DPRK Bener Meriah dari Ketua Sementara Darwinsyah kepada Ketua Definitif Muhammad Saleh.

Usai menerima palu dan menduduki kursi jabatan selaku ketua dan sekaligus pemimpin sidang, Muhammad Saleh menyampaikan kata sambutanya selaku Ketua Definitif DPRK Bener Meriah, Periode 2019-2024.

Sambutan Ketua Definitif DPRK Bener Meriah.

Hari ini merupakan hari bersejarah bagi saya pribadi, karena telah mengikuti acara peresmianya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah. Saudara Bupati dan sidang dewan yang berbahagia, kita sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena pelantikan ini telah dapat terlaksana dengan khidmad. Dan dalam kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama kepada rekan-rekan anggota dewan, mari kita samakan persepsi bahwa kita dilahirkan dari rakyat dan berjuang untuk kepentingan rakyat. Untuk itu kami berharap, marilah bersama kita mengabdikan diri kita pada lebaga terhormat ini dengan penuh tanggung jawab. Hingga ini berat, tapi ingat harus senantiasa dengan sebaik-baiknya dengan hati tulus dan ikhlas. Yakinlah semua yang kita lakukan agar kita bisa sejalan, bukan saja kepada rakyat tetapi kepada agama, terlebih kepada Allah SWT. Yang kedua harapan saya kepada rekan-rekan semua, dapat saling mengingatkan perihal kebaikan dan saling mengingatkan dengan kesabaran, sesuai dengan firman Allah SWT. “Bismillahirahmannirrahim, illalazi ya’manuwabilsalihati watawwabilhaq watawwasalihibihisab” Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal soleh, nasehat menasehati dengan ujaran dan nasehat menasehati dengan kesabaran.

Saudara Bupati dan sidang dewan yang berbahagia, saya sendiri tidak dapat berbuat banyak, tanpa dukungan semua pihak. Mari kita ambil bahagian dalam menata pembangunan Kabupaten Bener Meriah ini, agar benar-benar dapat bermanfaat bagi semua masyarakat. Semoga apa yang dapat kita fikirkan, tegakan dan perbuatan kita nantinya memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat. Yang terakhir pada kesempatan ini, perkenankanlah saya atas nama Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, mengajak jajaran Eksekutif dan Legislatif serta seluruh lapisan masyarakat, untuk saling bahu membahu mengisi dan menyatukanya.

Himbauan saya, mari kita bersama-sama kita satukan hati wujudkan jiwa, bulatkan tekad dan bekerja untuk mewujudkan pembangunan Kabupaten Bener Meriah yang kita cintai. Membuktikan impian kita, bukan janji-janji. Semoga Bener Meriah lebih bermartabat, sejahtera, adil dan makmur. Dengan harapan semoga hari ini lebih baik dari kemarin, dan Insya Allah hari esok akan lebih baik dari hari ini. Wallahu’alam bisawab. Demikian sambutan ini kami sampaikan, semoga acara ini semakin menambah rasa cinta kita kepada Kabupaten Bener Meriah yang Islami, Harmoni, maju dan Sejahtera, Aamin ya Robbal alamin. Akhir kata saya mohon ampun kepada Allah, mohon maaf atas segala kekhilafan. Wabillahitaufiq Walhidayah, Wasallamualaikum Warahmatullahiwabarakatu. Tutup Ketua DPRK Bener Meriah Muhammad Saleh.

Pidato sambutan Bupati Kabupaten Bener Meriah.

Setelah selesai  menyampaikan pandangan umum dan sambutanya, Ketua Definitif DPRK Bener Meriah Muhammad Saleh, mempersilahkan Bupati Bener Meriah untuk memberikan kata sambutan dalam acara tersebut. Dihadapan hadirin sidang dewan dan tamu undangan serta rekan media,Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam pidato sambutanya menyampaikan turut merasa bahagia atas pelantikan Ketua Definitif.

“Hadirin yang berbahagia, pertama-tama kami sampaikan rasa bahagia atas pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Definitif DPR Kabupaten Bener Meriah. Secara administraif telah mengesahkan susunan kelengkapan anggota dewan DPRK Bener Meriah. Dengan demikian dalam Rapat Paripurna DPRK Bener Meriah ini, kita telah dapat melihat peresmian dan pengambilan sumpah  jabatan Pimpinan DPRK Bener Meriah, masa bakti 2019-2024. Oleh karena itu, kami mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, mengucapkan selamat kepada para pemimpin yang baru saja dilantik. Selanjutnya, terimakasih kami sampaikan kepada Pimpinan Sementara yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah selama ini, Bapak Darwinsyah. Kami merasa sangat terbantu sekali, selama kepemimpinan beliau memimpin DPR Kabupaten Bener Meriah. Terimakasih juga kepada beliau atas apa yang dilakukan sejauh ini. Sebagaimana diketahui bahwa, meningkatkan ekonomi perekonomian rakyat merupakan komponen pemerintahan, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Ekonomi nomor 3, Tahun 2015.

Dengan selesainya pelantikan Pimpinan Dewan, maka dengan pengusulan anggota dewan lainya yang merupakan suatu kesatuan tentang hal-hal yang harus dibenahi, mengingat banyaknya tugas-tugas kita yang harus diselesaikan, antara lain membahas laporan penyelenggara pemerintah daerah dan membahas tentang Qanun dan sebagainya. Berdasarkan visi misi Kabupaten Bener Meriah, tujuan utama kita mewujudkan Kabupaten yang Islami, Harmoni, Maju dan Sejahtera. Kami sebagai pemerintah tidak dapat jalan sendiri, tanpa dukungan dari para pimpinan dan anggota dewan yang terhormat. Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah, bagaikan dua rel kereta api yang selalu berdampingan bersama, untuk membangun Kabupaten ini menjadi Kabupaten yang Islami, Harmoni, Maju dan Sejahtera. Oleh karena itu, mari kita jalin kerjasama demi menciptakan pemerintahan yang lebih baik, demi meningkatkan azas berbagai kepentingan rakyat dengan arif dan bijaksana. Sebagaimana tadi disampaikan pimpinan dewan sementara, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Dan sebahagian itu tidak bisa kita menunda-nundanya, seperti beberapa bencana yang kita hadapi beberapa waktu belakangan ini.

Sesuatu yang saya sering berbincang dengan dinas terkait yang sifatnya harus cepat bisa menyelesaikan masalah  dengan secepatnya, terkait dengan masalah Gajah yang selama ini kita sudah koordinasikan Pemerintah Aceh juga Pemerintah Pusat di Jakarta, agar ada langkah-langkah solusi, semuanya bukan hanya untuk manusia dan juga gajah, agar bisa berjalan dengan baik. Akhirnya, sekali lagi kami mengucapkan selamat bertugas dan selamat bekerja kepada bapak Muhammad Saleh sebagai Ketua DPRK Bener Meriah, kepada Tgk. Husnul Ilmi sebagai Wakil Ketua 1 (Satu), serta bang Anwar sebagai Wakil Ketua 2 (Dua) yang telah dilantik dan diambil sumpah. Semoga Bapak-bapak semua yang berbahagia, dapat memberikan sumbangsih yang nyata kepada masyarakat, sesuai amanah yang telah dipercayakan kepada saudara-saudara. Demikian pidato pada kesempatan ini, semoga Allah SWT memberikan berkah atas pelantikan, agar dapat bekerja untuk kepentingan daerah dan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. Demikian Tgk. H Syarkawi menutup pidatonya.

Acara selanjutnya penutupan rapat paripurna dengan memanjatkan doa bersama dan pemukulan palu sebanyak 3 kali ke meja sidang oleh Muhammad Saleh sebagai Ketua DPRK Bener Meriah yang dilanjutkan pemberian ucapan selamat dan foto bersama undangan.  (Redaksi)

News Reporter
Don`t copy text!