Dinsos Asel Berencana Sediakan Rumah Singgah Untuk Orgil

Tapaktuan – haba RAKYAT |

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Selatan berencana akan menyediakan tempat penampungan sementara atau rumah singgah untuk orang gila (Orgil).

“Karena di Aceh Selatan belum memiliki rumah singgah untuk orang gila yang telah memasuki tahap penyembuhan,” kata Kepala Dinsos Aceh Selatan Zubir Efendi S.Pt melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Alimuddin SE kepada Media haba RAKYAT di Tapaktuan, Rabu (8/1/2020).

Untuk rencana tersebut, lanjutnya, satu unit gedung milik Dinsos Aceh Selatan di Kecamatan Samadua akan dimanfaatkan sebagai rumah singgah untuk orang gila.
“Sebelumnya kita terlebih dahulu mengusulkan mengusulkan rumah singgah dimaksud, sekaligus mengusulkan anggaran operasionalnya,” ucapnya.

Ketika menjawab pertanyaan terkait adanya orgil terlantar dan menjadikan Terminal Tapaktuan sebagai tempat tinggalnya, pihaknya akan menelusuri ke Terminal Tapaktuan. 

“Sejauh ini belum ada laporan. Kita  lihat dulu, langkah selanjutnya sistem penanganannya akan kita bawa ke BLUD RSU Dr H, Yuliddin Away Tapaktuan,” jelasnya.

Namun, tambahnya, sebelum dilakukan penanganan, Orgil itu akan didata terlebih dahulu. ” Setelah itu kita  konfirmasi kepada pihak keluarganya,” imbuhnya. (Tik/hR)

Don`t copy text!