Ribuan pelayat menghadiri proses pemakamam ulama Aceh, Tgk H.M. Hasbi Nyak Diwa, Selasa (28/1/2020). Photo/hR/Dahyati

Tapaktuan, haba rakyat online.com
 

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah seorang ulama kharismatik Aceh, Pimpinan Pondok Pesantren / Dayah  Darurrahmah Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan  Tgk H.M. Hasbi Nyak Diwa Selasa, (28/1/2020) sekira pukul 01.05 WIB.

Kabar duka tersebut, tersiar begitu cepat dikalangan masyarakat Aceh, khususnya pada masyarakat Kabupaten Aceh Selatan. Diketahui selama ini Tgk H.M. Hasbi Nyak Diwa, yang akrab disapa Abon Kota Fajar mengalami sakit, dan dalam perawatan.

Di  Pesantren Dayah Darurrahmah Kota Fajar, Selasa pagi telah dipadati ribuan  warga yang datang dari berbagai penjuru daerah, untuk melayat  di rumah duka.

Juga turut melayat, Plt Bupati Kabupaten Aceh Selatan, Tgk Amran beserta unsur Forkopimda, Sekda H. Nasjuddin dan para SKPK.

Informasi yang dihimpun Media haba RAKYAT menyebutkan, Abon Kota Fajar dilahirkan di  Gampong Ujong Gunong Rayeuk, Kecamatan Bakongan, pada 2 Februari 1943. Orang tuanya bernama Tgk. H. Datuk Nyak Diwa.

Semasa menjalani jenjang pendidikan, almarhum juga pernah belajar di beberapa pesantren ternama di Aceh, diantaranya Pondok  Pesantren Darussalam Labuhan Haji, dan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Sejak  tahun 1992, Tgk H.M. Hasbi memimpin tiga pesantren sekaligus yaitu, Pondok Pesantren  Darussa’adah, dan Darurrahmah di Kecamatan Kluet Utara, serta  Bahrussa’adah di Kecamatan Bakongan. (hR/Tik)

Don`t copy text!