Aceh Timur – haba RAKYAT |


Sebagai bukti nyata kepedulian Polri terhadap penghijauan lingkungan. Polres AcehTimur melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon dan penghijauan secara serentak bersama polsek jajaranya, Selasa, (14/01/2020).

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro dihadapan sejumlah pejabat dalam sambutan nya menyampaikan kegiatan ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan di seluruh jajaran Polda Aceh, dengan tujuan menciptakan penghijauan dan melestarikan bumi Indonesia, khususnya di Aceh Timur.

Kapolres menyatakan, kepada polsek jajaran nya untuk menanami sedikitnya seratus pohon di wilayah hukumnya masing – masing.” Semoga kegiatan ini laksanakan, dan setelah itu secara bertahap kita akan cek pohon yang kita tanam ini,” ujar Kapolres.

Faktor bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah daerah di Indonesia diperkirakan karena menipisnya lahan hijau. Oleh karena itu Polres Aceh Timur menggelar aksi penanaman satu juta pohon.

Penanaman dilakukan di lahan kosong milik Polres Aceh Timur di Gampong Paya Bili Sa, Kecamatan Peudawa seluas dua hektar dengan jumlah 1.300 bibit pohon. Ia beralasan dipilihnya area markas Kepolisian karena ini memang program untuk dilaksanakan di markas Kepolisian. Adapun jenis bibit yang ditanami yakni pohon buah, seperti rambutan, durian, kelapa, pete, duku dan berbagai jenis tanaman lain nya.

“Kita ingin mengajak seluruh elemen dan masyarakat untuk menanami pohon penghijauan bersama, minimal satu orang satu pohon. Dengan harapan Aceh Timur yang terkenal hutannya hijau tetap terpelihara. Ujarnya.

“Mari kita meninggalkan hal-hal yang baik untuk anak cucu kita nanti,” sambung Kapolres. Program penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi masa depan,” Banyak yang bisa kita nikmati keberadaan tanaman disekitar kita. Keberadaan pohon sangat banyak manfaat nya, selain untuk lingkungan lebih hijau, asri dan sejuk, juga bisa mengantisipasi bencana,” urainya.

Ia berharap, program ini jangan hanya untuk jangka pendek saja, ke depan apa yang kita tanam saat ini bisa di jaga dan di rawat dengan baik.” Saya berharap dengan satu penanaman saat ini ada sejuta manfaat yang dapat dirasakan di masa yang akan datang.” Pungkas
AKBP Eko Widiantoro.

Hadir Bupati Aceh Timur diwakili oleh Sekretaris Daerah Ikhsan Muhayat, S.STP, MAP, Dandim 0104/Atim diwakili Danramil 05/Idi Rayeuk Kapten Inf Jumari, Kejari Aceh Timur Asbun Hasbulloh Syambas, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Idi, Perwakilan DPRK Aceh Timur, Ketua MPU Aceh Timur Abu Kinere, Wakapolres Kompol Warosidi, SH, MH, Para Kadis dalam lingkup Pemkab Aceh Timur, Ketua Cabang Bhayangkari Ny. Yuli Eko Widiantoro berserta pengurus dan anggota, Para Kabag, Kasat, dan Pejabat Utama Polres Aceh Timur.

Pada hari yang sama kegiatan itu juga dilakukan Polsek Madat wilayah perbatasan Aceh Timur. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai dilakukan dihalaman Mako Polsek setempat dengan tema “Peduli Penghijauan”

Kapolsek Madat Iptu Syafrizal saat ditemui mengatakan pihaknya menanami sebanyak 37 batang bibit pohon berbuah berbagai jenis. “Dihalaman Mapolsek Madat dan tanah kosong milik Polri di Desa Tanjong Minje, Kami bersama ibu ibu Bhayangkari menanami jenis pohon: Kelapa, Mangga, Jambu Air, Rambutan, Pala, Lengkeng, Jeruk Bali dan Kedondong.” Tandasnya. (Azhar/hR)

Don`t copy text!