Diniyah Ruhul Fata Gampông Alue Beurawe Kecamatan Langsa Kota – Kota Langsa. (hR/ Ir. Karimuddin AR Beurabo)

Langsa – haba rakyat online.com

Islam adalah Agama yang paling tinggi dan sempurna dalam segala hal, ajaranya mengatur kepentingan hidup rohani dan jasmani manusia, juga menyangkut masalah duniawi maupun ukhrawi.

Agama Islam mengatur tata hubungan antara manusia dengan KhalikNya, antara manusia sesama manusia dan antara manusia dengan alam semesta.

Ajarannya mengatur segala keperluan untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan manusia didunia dan di akhirat itu menjadikan Islam sebagai agama yang sempurna. Allah menyatakan dalam firmanNya bahwa Agama Islam adalah Agama yang telah di sempurnakan dan diridhai-Nya ( Al-Maidah : 3 ).

Ajaran Islam mengandung isi tentang Aqidah, Ibadah, Muamalah dan Akhlak. Apabila seorang hamba telah mengamalkan Agama Islam dalam kehidupannya secara kaffah maka dapat dipastikan kehidupannya akan lebih terarah dan menjadikan keselamatan diri dalam berbagai masalah yang dia hadapi dalam kehidupanya.

Apa kata Orang bijak bahwa “Hidup dengan Agama akan terarah, hidup dengan ilmu akan lebih mudah dan hidup dengan seni akan lebih indah”.

Aqidah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah yang dijadikan sebagai dasar sudah pasti tidak lagi mengandung keraguan dalam hati yang beriman, sedangkan aqidah Yang didasarkan pada logika, suatu saat dia akan hadir keraguan-keraguan serta menghundang kekacoan dalam kehidupannya.

Justru itu perintah syar’I kepada setiap anak wajib dibekali Aqidah kepada anak usia dini untuk menanam Aqidah yang HAQ, agar menjamin keselamatan terhadapnya didunkia dan di akhirat.

Sejarah juga menunjukkan ketika Rasulullah di angkat menjadi Rasul, ajakan pertama kepada kaum mekkah adalah Aqidah, karena mereka berakidah menurut pikirannya masing – masing (Dasar Logika).

Kata aqidah berasal dari aqada, ya’qidu, uqdatan, wa aqidatan artinya “Ikatan“.

Para Ulama memberi pengertian “sesuatu yang terikat kepadanya hati dan perasaan halus, atau apa yang dijadikan agama oleh manusia serta dijadikannya sebagai pegangan”.

Aqidah Islam adalah Dasar-dasar keyakinan yang bersumber dari ajaran Islam yang wajib dipegangi oleh setiap muslim sebagai sumber keyakinan yang mengikat yang bersumber dari Allah sendiri melalui firmanNya di dalam ayat – ayat Al-Qur’an.

Oleh karena itu Aqidah Islam bukan merupakan hasil pemikiran manusia yang kemmpuan akalnya sangat terbatas.

Karena aqidah , sebagian besar membicarakan hal-hal yang ghaib, maka Agama Islam menolak kepercayaan yang hanya berdasarkan hasil pemikiran akal manuisia semata-mata. Akal manusia terbatas kemampuannya untuk mengetahui hal-hal yang ghaib, yang lahir saja manusia tidak mampu mengenal keseluruhannya dengan sempurna dan benar.

Yang ghaib itu milik Allah SWT dan Dialah yang mengetahui hakikatnya. Untuk menyakini dan mengetahui dengan ma’rifah yang benar terhadap yang ghaib haruslah berdasarkan petunjuk/hidayah dari Allah yaitu melalui wahyu-Nya.

Hal ini tercantum dalam surat Al-An’am 59 : “Dan pada sisi Allah lah kunci – kunci semua yang ghaib, tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia Maha mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan“…… Bersambung (hR/TKB )

Don`t copy text!