BUMG MUDA BELIA, GAMPONG KEUDE BUNGKAIH DIRESMIKAN

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Sejumlah Masyarakat Gampoeng Keude Bungkaih Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, menyambut gembira atas peresmian Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Muda Belia Gampong setempat. Acara peresmian yang dilaksanakan oleh camat Muara Batu Andre, STTP, M. Kes, Sos Rabu, (12/2/2020) bertempat di Jalan Banda Aceh – Medan Keude Bungkaih.

Dalam kesempatan tersebut camat Muara Batu menyampaikan sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas dibukanya BUMG tersebut, ” Karena ini merupakan program dari pemerintah pusat, apalagi Dana Desa saat ini 70 s/d 80 persen sudah dikerjakan infrastruktur. BUMG ini dapat memberikan keuntungan untuk Gampong, supaya dapat melaksanakan program-progrma dan kegiatan-kegiatan yang selama ini mungkin menjadi kendala apabila dikerjakan di gampong”. Ujarnya.

Terkait dengan ketentuan dan aturan Dana Desa. Oleh karena itu, dengan adanya BUMG ini, setidaknya jikapun nanti Dana Desa sudah berakhir, ada dana desa yang berputar di gampong yang dikelola oleh gampong itu sendiri, sehingga akan memberikan pendapatan ekonomi kepada masyarakat, karena ini juga merupakan bagian daripada program ekonomi kerakyatan.

” Berbicara ekonomi kerakyatan, programnya berawal dari desa ke kota, bukan sebalik nya dari kota ke desa, itu juga tidak luput dari pengelola BUMG itu sendiri”, ujar camat menambahkan. Artinya kita pahami betul pola ini mulanya sangatlah berat, mereka perlu kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas didalam mengembangkan Badan Usaha Milik Gampong.” pungkas Andre.

Sementara itu Geuchik Gampong Keude Bungkaih Hasanuddin dikonfirmasi haba Rakyat menyampaikan untuk BUMG Gampong Keude bungkaih sudah persiapkan pihaknya sejak tahun 2018. dengan cara mengumpulkan Angaran.

” Namun pada tahun 2020 ini kami baru dapat melaksanakan peresmian badan usaha milik gampong berbentuk jenis usaha yang bergerak dibidang penjualan enceran dan grosiran berbagai kebutuhan jenis plastik. Selain itu Badan Usaha Milik Gampong keude Bungkaih juga melayani jasa pengiriman dan penarikan uang melalui Unit ATM link BRI,” urai Hasanuddin.

” Saya selaku pemerintah Gampong keude Bungkaih sangat mengharapkan, anggaran yang sudah kita alokasikan untuk modal dasar Badan Usaha Milik Gampong yang jumlahnya sebesar 150 juta rupiah bisa berkembang sesuai dengan harapan dari hasil usaha ini akan kita prioritaskan untuk kesejahteraan masyarakat gampong Keude Bungkaih”. Tandasnya.

Acara tersebut turut dihadiri unsur Muspika, Danramil Muara Batu Kapten Inf Nasrid, tokoh ulama, tokoh masyarakat setempat dan juga dihadiri Al-Ghazali anggota DPRK Aceh Utara dari Partai Sira. (JM/hR)

News Reporter
Don`t copy text!