Geuchik Paya Naden Gelar Pelatihan Menjahit Bagi Ibu dan Para Remaja

Ibrahim Arani Geuchik Gampong Paya Naden didampingi sejumlah peserta pelatihan menjahit di komplek perkantoran kepala desa Paya Naden. Senin (10/2/photo/Azhar)

Aceh Timur – haba RAKYAT |

Pemerintah Desa (geuchik) Gampong Paya Naden Kecamatan Madat Aceh Timur terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketrampilan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat gampong yang dipimpinnya. Seperti pelatihan menjahit untuk para remaja putri yang tidak lagi bersekolah/kuliah dan ibu – ibu. Acara itu digelar di kompleks perkantoran pemerintahan gampong setempat. Senin (10/2/2020)

Geuchik Paya Naden Ibrahim Arani usai membuka acara tersebut saat ditemui mengatakan pelatihan menjahit akan berlangsung selama 7 hari dan melibatkan 15 orang remaja yang berasal dari tiga Dusun dalam gampong Paya Naden.

Selain itu, dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kata Ibrahim pihaknya pada Sabtu (17/2) mendatang,
juga akan menggelar pelatihan komputer dan akan diikuti oleh perangkat gampobg. ” Iya pesertanya terdiri dari Perangkat Gampong 10 orang, Kader Posyandu 13, dan para pemuda 15 orang,” ungkap Ibrahin Arani.

Dijelaskan, program ini merupakan salah satu bentuk komitmen nya bertujuan untuk peningkatan ketrampilan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan diharapkan akan tumbuh berkembang bersama warganya.

“Pelatihan menjahit ini kita adakan mulai pagi tadi, Senin hingga 6 hari kedepan, untuk acara ini kami menganggarkan Rp 15 juta dari Dana Desa 2019, ujar Ibrahim, untuk terlaksananya kegiatan ini, kita manfaatkan semua sumber yang ada di gampong Paya Naden. ” Pelatih menjahit namanya Ummi Khatijah selaku pengurus PKK, juga didampingi KPM dan Kader Posyandu gampong Paya Naden.”Ujarnya.

Sementara itu, ketua PKK Paya Naden melalui Sekrektaris Ummi Khatijah mengapresiasi pemerintah gamponh setempat dalam melakukan peningkatan ketrampilan demi peningkatan ekonomi masyarakat. ” Saya mengharapkan pelatihan ini bermanfaat hingga menjadikan para remaja yang terampil dan dapat membuka peluang usaha. Mereka para remaja ini rata rata tidak lagi bersekolah atau kuliah, kegiatan ini khusus untuk warga Paya Naden.” Tutur Ummi.

Sedangkan kegiatan pelatihan komputer bagi perangkat gampong dan para pemuda, menurut ketua Tutor Rahmad Fazaki melalui angotanya Wahidin saat ditemui. Acara tersebut akan diadakan dalam 10 kali pertemuan.” Dalam seminggu akan kami adakan pelatihan komputer 2 hari, yaituhari Sabtu untuk para pemuda dan Minggu untuk perangkat gampong. Nanti akan kita bagi dalam tiga sesion, yakni sesion pertama pukul 8.00 WIB, pagi hingga 10.00 WIB. Sesion ke2, pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, dan sesion ketiga pada pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WIB.” Tandas Wahidin. (hR/Azhar)

Don`t copy text!