Tidak Tinggal Diam, Pemerintah Hujani Takengon Dengan Disinfektan

Bus Water Canon lakukan penyemprotan Disinfektan di jalur dua Paya Ilang, guna mencegah penyebaran virus dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah. (Foto/Putra Gayo).

Aceh Tengah – haba RAKYAT |

Mencegah penyebaran virus, gugus tugas penanggulangan penyebaran virus Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah, melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah seputar kota Takengon, Jum’at (27/03) pagi. Sebelum melaksanakan kegiatan penyemprotan, telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sehari sebelumnya.

Personil kegiatan ini melibatkan unsur dari Dinas Kesehatan, BPBD, TNI dan Polri, serta Tim gugus tugas lainya. Titik kumpul para petugas penyemprot dengan menggunakan Bus Water Canon milik Brimob, bertolak dari posko gugus tugas di halaman kantor Bupati Aceh Tengah yang dikawal konvoi mobil unsur Forkopimda dibelakangnya.

Penyemprotan pertama dilakukan mulai perempatan lampu merah depan Mapolres Aceh Tengah, selanjutnya bertolak ke rute berikutnya di seputar Pasar Ikan Takengon lanjut ke pasar Inpres dan menuju ke jalan protokol lainya, termasuk jalanan depan RSU Datu Beru.

Dihadapan Tim gugus tugas yang akan melakukan penyemprotan, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dalam sambutanya sebelum melepas keberangkatan, menyatakan kegiatan itu baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten ini.  

“ Hari ini kita akan mulai secara masal melakukan penyemprotan, penyemprotan ini baru pertama kali kita laksanakan sebagai upaya memutus matarantai penyebaran virus”, kata Bupati yang didampingi Kapolres dan Dandim Aceh Tengah dihadapan seluruh personil gugus tugas.

Beliau menambahkan agar saat melaksanakan kegiatan ini, tim juga melakukan sosialisasi sehinga tidak ada kerumunan masyarakat dan berharap saat penyemprotan toko ditutup dan tidak ada pejalan kaki, karena pelaksanaan kegiatan ini hanya berjalan hitungan jam saja.

Drs. Shabela Abubakar menyatakan bahwa Pemerintah tidak tinggal diam dalam memerangi virus ini, berbagai upaya terus dilakukan, termasuk kegiatan penyemprotan disinfektan. Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada TNI dan Polri yang telah bersama sama berkoordinasi dan berjuang untuk melawan virus. Shabela Abubakar menyampaikan harapanya, saat pelaksanaan kegiatan penyemprotan disinfektan agar persoil tetap menggunakan masker, sebagai antisipasi ketika arah angin berbalik.

Kegiatan penyemprotan disinfektan selain didukung unit Bus Water Canon dan Damkar, juga melibatkan tim menggunakan Sepmor yang berbagi tugas untuk dua wilayah Kecamatan Ketol dan Silih Nara. (Erwin)