TMMD Era Milenial Berkonsep 0104

Catatan; Eddyanto SST

Jalan penghubung antardesa kini sudah bisa dilalui kenderaan roda empat, warga Dusun Lepon, Desa Buket Kuta, Peudawa Aceh Timur merasa gembira. (Foto/Ist/MC 0104)

Langsa – haba RAKYAT |

ASSALAMMUALAIKUM, Selamat datang, “pejuang petarung”. Itulah ucapan salam, kalimat yang muncul pertama kali dari mulut Komandan Kodim (Dandim) 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar S.Sos M.Tr (Han) saat mengawali pertemuan dengan para jurnalis Kota Langsa dan Aceh Timur di Wisma Kupi Langsa, Kamis 12 Maret 2020.

Bagi para jurnalis, apa yang dilontarkan Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar ini adalah sebuah penghormatan dan juga kebanggaan atas profesi kewartawanan yang mereka geluti ini. Namun disisi lain, sebutan “Pejuang dan Petarung” itu juga menjadi sebuah tantangan bahkan beban moril karena hanya layak disematkan kepada para jurnalis atau wartawan yang bekerja sesuai UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik atau para jurnalis yang berjuang menjadi penerang informasi kepada publik.

Selang beberapa menit kemudian, kembali Dandim membuat jurnalis tertegun dengan ucapannya. “Era atau zaman sekarang adalah era tehnologi, era dimana kita juga “Berperang” dengan tehnologi bahkan perang melalui ujung pena.

Usung Misi TMMD

Pertemuan silaturahmi Kemitraan antara TNI dengan Jurnalis itu terlihat semakin hangat, akrab dan penuh kekeluargaan .

Lokasi Wisma Kupi yang tepat berada di jantung kota ini atau depan Lapangan Merdeka Langsa sengaja dipilih Dandim Hasanul Arifin Suregar sebagai tempat yang cocok untuk berdiskusi diluar markas komando dengan para jurnalis yang notabenenya adalah mitra TNI sembari menyeruput kopi pagi dan penganan ringan.

Dandim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar mengatakan TNI -AD Tahun 2020 ini kembali menggelar hajatan besar program andalan yakni TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan thema ” Pengabdian Untuk Negeri”.

Tahun ini, jelas Dandim, giat TMMD ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke 107 Reguler dimana Kodim/0104 Aceh Timur dipercayakan sebagai salah satu Kodim yang melaksanakannya diwilayah Kodam Iskandar Muda Aceh selain Kodim 0114/Aceh Jaya dan Kodim 0113/Gayo Lues.

Lokasinya adalah lima desa pedalam di Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur atau sekitar 1 jam perjalanan dari Makodim 0104 Atim di Kota Langsa dengan jarak tempuh 57, 1 kilometer.

Atas hadirnya giat TMMD ini, peran dan kerjasama jurnalis sangat diharapkan terutama dalam mempublikasikan keberhasilan pembangunan yang dilakukan TNI bersama Pemerintah Daerah melalui Program TMMD ini. Tanpa peran dan pemberitaan para jurnalis, mustahil keberhasilan pembangunan dan kerja Satgas TMMD dalam.membangun desa ini akan diketahui publik diseluruh tanah air bahkan dunia.” Tuhan maha tahu, namun media dan jurnalis harus memberi tahu,”kata Hasanul Arifin Siregar mengibaratkan.

Sasaran

Dalam TMMD ini, ada dua sasaran yang dilakukan oleh TNI yakni sasaran fisik dan non fisik. Adapun sasaran fisik pada TMMD ke 107 tahun 2020 di wilayah Kodim 0104/Aceh Timur antara lain pengerasan jalan desa sepanjang 4200 meter di Dusun Leupon Desa Buket Kuta, pembuatan gorong gorong, pembangunan lapangan voli, pembangunan lapangan takraw dan perehaban meunasah di tiga desa masing masjbg Desa Paya Dua, Seuneubok Peunteut, dan Paya Bili Sa.

Sementara sasaran non fisik diantaranya melaksanakan berbagai penyuluhan baik itu penyuluhan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, hukum dan kamtibmas, narkoba, KB Kes, lingkungan hidup dan kehutanan serta kehidupan sosial kemasyarakatan.

Adapun sasaran tambahan pada kegiatan TMMD ke-107 tahun 2020 di wilayah Kodim 0104/Aceh Timur yaitu berupa pembangunan meunasah.

Konsep 0104

Satu hal menarik dan mulai viral dalam TMMD ke 107 di era Milenial ini adalah , Dandim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M. Tr.(Han) yang juga sebagai Dansatgas TMMD mengusung konsep atau strategi 0104.

Konsep 0104 ini digulirkan atau dijadikan sebagai strategi dalam pembangunan TMMD agar apa yang direncanakan dan di cita-citakan dari hadirnya TMMD sukses tercapai.

Dandim mengatakan, yang dimaksud 01 berarti TNI (Satgas TMMD -red) dan warga masyarakat harus memiliki 1 (Satu) tujuan.

Sedangkan 04 berarti 4 (Empat) konsep, pertama TNI dan warga masyarakat harus bisa merencanakan, kedua pelaksanaan rencana (action atau do it), ketiga fokus dan keempat berdoa,” terang Letkol Hasanul Arifin Siregar yang merupakan alumni SMA Unggul Matauli yang didirikan Panglima TNI pada saat itu Jendaral (Pur) Faisal Tanjung dan Akbar Tanjung.

Songsong Kehidupan

Pembangun jalan penghubung antara Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa dan Gampong Tanjung Tani, Kecamatan Rantau Peureulak yang dikerjalan Satgas TMMD seakan menjadi jalan pembuka bagik warga setempat guna menyongsong kehidupan yang lebih baik lagi.

Gurat gurat wajah kebahagian tampak pada warga desa Leupon ini. Jalan yang sehari-hari dilalui warga untuk beraktifitas yang semula tanah berlumpur saat musim hujan dan hutan kini sudah membuka banyak akses. Jalan itupun kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Kebahagiaan dan keceriaan juga dirasakan oleh anak anak dusun ini dimana mereka bisa menuju sekolah mereka mencari ilmu dengan nyaman baik berjalan kaki maupun bersepeda.” Peluang bisnis terbuka, sehingga perekonomian dapat tumbuh dengan pesat dan inilah perubahan yang dinanti oleh warga Dusun Leupon,” sebut Hermansyah, Kadus Dusun Leupon.

Pesta Rakyat

Program TMMD ini adalah “pesta rakyat”. Oleh karena itu semua potensi yang ada harus kita berdayakan dan optimalkan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Itulah sekelumit penyampaian Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar saat membuka Rakornis TMMD ke 107 di Aula Yudha Makodim setempat, Selasa 25 Februari 2020 lalu.

Lanjut Dandim, yang namanya pesta, tentu rakyat dan semua elemen masyarakat harus terlibat dan merasakan kegembiraan dan kebahagiaan.”Semoga dengan pesta rakyat TMMD ini, kesejahteraan masyarakat khususnya di lokasi pembangunan TMMD ini benar benar terwujud,” harap Dandim seraya juga mengatakan TMMD Reguler ke 107 Tahun 2020 ini adalah TMMD Pengabdian Untuk Negeri”. Semoga. (Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke 107 Reguler Tahun 2020 Kodim 0104 Aceh Timur, Korem 011 Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda Aceh).