Gugus Tugas Aceh Tengah Gelar Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19

Aceh Tengah – haba RAKYAT |

Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan simulasi penanganan terhadap jenazah Covid-19 mulai persiapan hingga pemakaman jenazah.

Simulasi ini digelar di dua tempat terpisah, yakni kamar Jenazah RSUD Datu Beru dan Pekuburan Umum Uning Kirip Kecamatan Lut Tawar, Takengon.

Simulasi ini melibatkan unsur TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, petugas medis RSUD, dan Satgas terkait lain nya,  serta disaksikan unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tengah.

Pantauan di lapangan Kapolres Aceh Tengah AKBP. Nono Suryanto, S.IK dan Dandim 0106, Letkol Inf. Valyan Tatyunis selaku Wakil Ketua Gugus Tugas hadir memantau jalannya proses simulasi penanganan jenazah Covid 19 mulai persiapan hingga pemakaman jenazah.

Sementara itu Sekretaris Gugus Tugas, Karimansyah mengatakan kegiatan simulasi penanganan terhadap jenazah Covid-19 ini untuk mengedukasi dan semua  pihak terutama tim medis dan tim satgas lainnya, sebagai antisipasi dan persiapan.

“Simulasi ini untuk  memudahkan para tenaga medis dan tim satgas dalam penanganan jenazah Covid-19 jika terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya,” katanya, Selasa (21/04/2020).

Simulasi penanganan jenazah Covid-19 dimulai persiapan petugas yang diwajibkan menggunakan APD lengkap, penyemprotan disinfektan, penanganan fardu kifayah, penyiapan peti jenazah, membawa jenazah ke mobil ambulance, dilanjutkan menuju lokasi pemakaman di pekuburan Uning Kirip turut dikawal mobil Satlantas Polres Aceh Tengah.

“Simulasi ini untuk kesiap siagaan dalam menghadapi Covid-19. Jika nanti ada musibah, para tim kita tidak canggung lagi, mereka sudah tahu tahapan apa saja yang dilaksanakan mulai dari penanganan awal jenazah hingga pemakaman untuk dikebumikan, seperti yang baru saja kita saksikan, namun kita do’a kan saja ini hanya sebatas simulasi dan Kabupaten Aceh Tengah tetap aman dan jangan ada korban dari virus covid-19 ini,” harapnya. (Erwin)