Bale Bujang Dijadikan Percontohan “Kampung Tangguh Aceh”

Foto : Kapolres Aceh Tengah AKBP. Nono Suryanto.SIK, bersama Dandim 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah Letkol Inf Valyan Tatyunis diwakili Pasi Intel Nanang S dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tengah Firdaus.SKM, foto bersama usai meninjau sejumlah lokasi di Kampung Bale Bujang dalam kesiapanya menjadi desa percontohan se-Kabupaten Aceh Tengah sebagai “Kampung Tangguh Nusantara”. (Foto/hR/Erwin).

Aceh Tengah – haba RAKYAT |

Kampung Bale Bujang Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, dikunjungi Kapolres Aceh Tengah AKBP. Nono Suryanto.SIK, bersama Dandim 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah Letkol Inf Valyan Tatyunis diwakili Pasi Intel Nanang S dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tengah Firdaus.SKM beserta rombongan.

Saat itu Kapolres mengatakan kedatangan mereka ke salah satu desa yang termasuk dalam kawasan objek wisata di Aceh Tengah tersebut, bertujuan untuk meninjau kesiapan Kampung Bale sebagai desa percontohan.

Dipilihnya Kampung Bale Bujang sebagai desa percontohan di Kabupaten Aceh Tengah, karena telah memenuhi semua unsur program untuk memutus mata rantai Covid-19.

Adapun kegiatan tersebut menurut Akbp. Nono sebagai perintah Kapolri dan Panglima TNI yang diamanatkan untuk seluruh daerah membentuk ‘Kampung Tangguh Nusantara’ di masa pandemi.

“Kegiatan hari ini memang kita melakukan program Kapolri dan Panglima TNI, berkaitan dengan Kampung Tangguh Nusantara. Kita diperintahkan Bapak Kapolri, seluruh daerah jajaran untuk melaksanakan program Kampung Tangguh Nusantara, Berhubung dilaksanakan di Aceh, maka kita namakan programnya Kampung Tangguh Aceh,” kata Kapolres menjelaskan.

Kapolres menambahkan selain tujuan utama memutus mata rantai virus, program ini sekaligus untuk menjaga agar Aceh Tengah tetap dalam zona hijau. Sehingga ketika virus menyerang, masyarakat sudah mampu menangkal dan mempunyai berbagai ketahanan di daerah kampungnya masing masing.

“Contoh seperti kita saksikan tadi di kampung Bale Bujang, mempunyai ketahanan di bidang pendidikan salah satunya. Sudah disiapkan oleh kepala desa, tempat fasilitas pendidikanya untuk taman baca dan PAUD. Jadi tidak perlu keluar dari kampung, masyarakat masih tetap bisa belajar mengajar khusus bidang pendidikan dengan protokoler kesehatan,” tegas Kapolres.

Beliau pun menjelaskan, selain itu untuk ketahanan pangan dan ekonomi Reje Bale Bujang telah mempersiapkan lahan bercocok tanam dan peternakan untuk masyarakatnya.

Untuk Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Aceh Tengah, Kapolres menambahkan saat ini pihaknya sedang memprogramkan pangan dan peternakan diseluruh jajaran hingga ke tingkat kecamatan dan desa, sementara untuk TNI diketahui program ketahanan pangan sudah berjalan.

Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus SKM pada kesempatan sama, kepada media menilai Kampung Bale Bujang bukan hanya sebagai percontohan untuk penanganan Covid-19, namun hampir mendadi pilot project segala bidang di Aceh Tengah.

“Saya kira bukan hanya di bidang Covid-19 saja, segi lainya juga aktifitasnya sedikit lebih maju, khususnya ekonomi. Kita salut dengan kinerja Reje di Kampung Hakim Bale Bujang,” puji Wakil Bupati. (Erwin)

News Reporter
Don`t copy text!
%d blogger menyukai ini: