FORBA Ambil Peran Dalam Program Ketahanan Pangan Pemerintah Aceh Masa Pendemi COVID-19

Photo : Ketua Umum FORBA Aceh Mukhtarudin Maop, Senin (29/6/photo/Ist)

Aceh Utara, haba RAKYAT |


Kondisi ekonomi masyarakat di masa Pandemi COVID-19 saat ini semakin terpuruk, tidak terkecuali di Provinsi Aceh. Kegiatan Recovery ekonomi mutlak harus dilakukan. Untuk diketahui saat ini pemerintah Aceh telah menggagas program ketahanan pangan masa pandemi COVID-19 khususnya pada sektor pertanian, seperti yang telah disampaikan Plt Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT baru- baru ini di Jakarta, hal tersebut dikatakan Ketua Umum FORBA Aceh Mukhtarudin Maop, Senin 29 Juni 2020.

Menyikapi kebijakan dan pernyataan Plt Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT
pada Selasa, 23 Juni 2020 di Jakarta.
Ketua Umum FORBA Aceh yang didampingi Abu Seulimum selaku penasehat menyampaikan sangat mendukung upaya Pemerintah Aceh dalam memerangi wabah Pandemi Covid-19 dengan Program Ketahanan Pangan. Menurut Maop.

“FORBA Aceh sangat mendukung Program Ketahanan Pangan yang digagas bapak Nova Iriansyah, dengan pola akan melibatkan berbagai komponen masyarakat, TNI/Polri, ASN dan ORMAS dalam membudidayakan berbagai komoditi pertanian, tentunya hal ini akan memperkuat ketahanan dan ketersedian pangan rakyat di Provinsi Aceh kedepan”, ujar Maop.

Forum Relawan Bansigom Aceh (FORBA), lanjut Maop, bila diberi kesempatan dalam hal itu pihaknya akan ikut mengambil peran “Kita akan melibatkan para relawan yang tergabung dalam FORBA di 23 Kab/kota untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan program ini”, tandas Maop.

Hal senada juga disampaikan Abu Seulimum “Bila program ini dilaksanakan saya berharap kepada pengambil kebijakan, khususnya Dinas Pertanian Aceh hendaknya program ketahanan pangan masa Covid-19 ini lebih diprioritaskan kepada masyarakat petani yang selama juga paling berat terimbas dampak dari wabah Corona Virus, semoga program ini tidak dikuasai oleh kelompok tertentu”, tegas penasehat Forba itu.

Dijelaskan, jauh sebelum program ketahanan pangan tersebut digagas, pihak FORBA Aceh telah melaksanakan Program budidaya Mentimun dan Terong yang dinamakan “Kebun Tani Forba” berlokasi di Gampong Gue Gajah Mata-Ie Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar, seluas satu hektar. Usaha budidaya tersebut seluruhnya melibatkan anggota relawan Forba Aceh, tentunya usaha ini dilakukan dalam upaya memberdayakan anggota FORBA Aceh yang selama telah kehilangan pekerjaan akibat Covid”, demikian kata Maop. (Azhar)

News Reporter
Don`t copy text!
%d blogger menyukai ini: