Penyaluran “BLT” Gampong Asan Oleh Sekda Pidie

Sekda Pidie, serahkan secara simbolis BLT kepada warga Gampong Asan Sigli, Kamis (11/06/2020). (Dok/Humas & Protokol/ hR/ Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie H. Idhami, S.Sos. M.Si, menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Gampong Tahun 2020.

Kegiatan tersebut, digelar di halaman Meunasah Gampong Asan, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Kamis, (11/06/2020)

Dalam sambutan, sekaligus arahannya, Sekda meminta masyarakat tetap patuh terhadap setiap imbauan pemerintah dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan seperti, mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker.

Meskipun saat ini di Pidie tidak terdapat pasien yang positif Covid-19, mari kita selalu menjaga diri dengan menaati protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, dan terapkan pola hidup sehat.” Pintanya.

lanjut Sekda, bagi masyarakat yang telah menerima berbagai bantuan dari pemerintah agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

Ini sebagai wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, pemerintah telah menggelontorkan berbagai macam bantuan. Maka diharapkan kepada masyarakat penerima agar dapat mempergunakannya untuk kebutuhan demi bertahan hidup dalam suasana seperti saat ini.” akhirinya.

Keuchik Gampong Asan Tgk. Sapuan S.Pd.I mengatakan, penerima BLT di Gampong Asan ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2020 serta Perbup Pidie Nomor 23 Tahun 2020.

Sebelum penerima BLT ditetapkan, kami bersama Tim Relawan Gampong penanganan Covid-19, melakukan pendataan terhadap penerima. Kemudian nama-nama yang telah terdata dimusyawarahkan dalam Musyawarah Desa Khusus (Mudessus), sehingga ditetapkan sebanyak 31 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gampong Asan.” Jelas Keuchik.

Diketahui, dari 287 Kepala Keluarga (KK) yang terdapat di Gampong Asan, 31 KK sebagai penerima BLT. Sedangkan 20 KK penerima Program Keluarga Harapan (PKH), 19 KK penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta 91 KK penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Drs. Samsul Azhar. Unsur Muspika Kota Sigli, Tokoh Masyarakat, Pendamping Desa Kecamatan serta Pendamping Lokal Desa Gampong Asan. (AA/hR)