Gampong Blang Poroh Asel, Salurkan BLT-DD Tahap II Kepada 119 KPM

Photo bersama penerima BLT-DD Tahap II, warga Blang poroh, bersama Muspika setempat, Jum,at (3/7/2020). (Dok:hR/Opi)

Tapaktuan – haba RAKYAT |

Pemerintah Gampong Blang Poroh Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Telah diserahkan secara simbolis oleh Keuchik Blang Poroh Zainal Abidin, dan turut dihadiri oleh Camat Labuhanhaji Barat Said Suhardi.

Plh. Danramil Pelda Rafli Armazi, dan Kapolsek Iptu Zulkiram, Babinsa Blang Poroh Kopda Yunadi, Bhabinkamtibmas Blang Poroh, Briptu Akhi Adiba, Pendamping Desa/PLD, Tuha Peut, Aparatur Gampong dan tokoh masyarakat. Penyerahan bantuan tersebut, berlangsung di Kantor Desa setempat,” Jum,at (3/7/2020).

Dalam arahannya, Keuchik Blang Poroh Zainal Abidin mengatakan, Bantuan Lansung Tunai (BLT) ini, diterima sebanyak 119 Kepala Keluarga (KK), masing-masing menerima bantuan sebesar Rp. 600.000,-.

Penyaluran ini, diberikan sesuai data dan nama yang sudah terverifikasi dari Tahap I pertama, yang sudah disepakati dalam Musyawarah Khusus Gampong (Musgamsus).

Total keseluruhnya anggaran yang bersumber dari Dana Desa APBN sebesar 30%, dan keseluruhanya berjumlah sebesar Rp. 214.200.000 (Dua Ratus Empat Belas Juta Dua Ratus Ribu Rupiah), untuk nominal yang dibagikan pada hari ini anggaran mencapai Rp. 71.400.000 ( Tujuh Puluh Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah)”.

Hal ini, Keuchik Zainal Abidin menyampaikan, BLT-DD di intruksikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintahan Desa, agar dapat dipergunakan dengan bermanfaat.

Semoga perekonomian masyarakat dapat terbantu di tengah-masa pandemi Covid-19,” Kita harus berterimakasih kepada pemerintah, ucap Zainal.

Kemudian, pada kesempatan itu, Plh. Danramil Labuhanhaji Barat, Pelda Rafli Armazi menyampaikan, akibat dampak penyebaran Covid-19, maka pemerintah programkan bantuan langsung tunai (BLT).

Dengan adanya dana bantuan dari pemerintah ini, peruntukan bagi warga masyarakat untuk keberlansungan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari”, ujar Danramil.

Penyaluran dana ini ada aturan ketentuan, sesuai Peraturan Menteri Desa (Pemende) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah Daerah, Oleh karena itu dengan bantuan ini masyarakat dapat menikmati dan mensyukurinya, sehingga dapat bermanfaat di tengah penyebaran wabah virus yang belum berakhir itu, ungkapnya.

Plh Danramil Rafli Armazi, berharap dan mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu mengikuti anjuran protokol kesehatan, meskipun saat ini memasuki “New Normal“, ujarnya.

Namun saat berpergian keluar rumah tetap memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan supaya tidak terpapar virus Corona, ungkap Rafli.

Selanjutnya, Camat Labuhanhaji Barat Said Suhardi menyampaikan bahwa’, penyaluran BLT-DD Tahap kedua II di Gampong Blang Poroh pada hari ini, adalah Jadwal terakhir pembagian BLT Tahap II dalam Kecamatan Labuhanhaji Barat.

Menurutnya, penyaluran BLT-DD yang telah dilaksanakan mulai dari Tahap I dan Tahap II, semuanya telah berjalan tertib dan lancar, harapnya.

Memasuki masa “New Normal” ini, diharapkan masyarakat, agar dapat melakukan aktivitas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Silahkan berkerja untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada, untuk mendapatkan rezeki demi kebutuhan sehari-hari”, paparnya.

Kita berdo’a, “Semoga wabah Virus Corona Disease (Covid-19) ini, cepat berakhir dan berlalu harap Said, sehingga masyarakat dapat beraktivitas sebagaimana sedia kala“, tutupnya. (Opi/hR)

Don`t copy text!