Manfaatkan Lahan Kosong, Babinsa Koramil 20/PB Kodim 0104/Atim Bersama Masyarakat Tanam Jagung

Babinsa Koramil 20/PB Kodim 0104/Atim, tampak sedang merawat tanaman jagung, Jum’at (3/7/2020). (Dok:hR/J.Miswar Isa)

Aceh Timur – haba RAKYAT |

Babinsa Koramil 20/Pante Bidari Kodim 0104/Aceh Timur Serka Tri Mulyadi, bersama warga binaan melaksanakan perawatan tanaman jagung.

Program tersebut, berawal setelah ada ide pemanfaatan lahan kosong di pekarangan Desa, yang bertempat di Gampong Sijudo, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (3/72020).

Lahan pekarangan Desa tersebut, selama ini hanya dibiarkan kosong tanpa ada manfaatnya, dengan sedikit sentuhan tangan kreatif dan usaha Babinsa, beserta para petani binaan, “Alhamdulillah, sekarang lahan kosong tersebut bisa disulap menjadi lahan yang produktif,” ujar Tri Mulyadi.

Kepada awak media, Serka Tri Mulyadi menyampaikan bahwa, pemanfaatan lahan kosong di sekitar Desa ini, sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan, disamping itu dengan tanaman jagung pekarangan kosong ini, jadi lebih indah dan bermanfaat, “katanya“.

Sementara Danramil 20/PB Kapten Inf Wagimin juga mengatakan, bahwa jagung merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan juga hewan.

Jagung termasuk salah satu tanaman pangan terpenting di Indonesia selain padi. “Ada beberapa daerah di Indonesia yang memanfaatkan jagung sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari“, jelasnya.

Seperti kita ketahui bersama, “pada tanaman jagung tersebut, hampir dari seluruh bagiannya dapat di manfaatkan, mulai dari batang, dan daunnya, dapat digunakan sebagai pakan ternak, jagung muda yang bisa di olah menjadi sayuran dan biji jagung tua juga dapat diolah menjadi berbagai macam bahan makanan,” tuturnya.

Tanaman jagung yang ditanam tidak serta merta akan tumbuh dan subur begitu saja, perlu adanya perawatan dan kepedulian kita terhadap tanaman itu sendiri, baik dari proses awal penanaman, sampai nantinya masuk dalam proses panen”, pungkas Danramil yang ramah itu.

Oleh karenanya, dihimbau kepada masyarakat sekitar, “agar kiranya dapat kita tingkatkan usaha tani mandiri yang bersifat lokal“, tutup Danramil. (Jim/hR)

Don`t copy text!