Aceh Selatan Terancam Masuk Kategori Zona Merah

Ilustrasi

Tapaktuan – haba RAKYAT |

Dampak meningkatnya kasus terkonfirmasi positif  Covid-19, Kabupaten Aceh Selatan terancam masuk kategori zona merah, dari sebelumnya zona kuning. 

Pelaksana tugas (Plt) Novi Rosmita, SE. M.Kes mengatakan, dengan terus bertambahnya kasus positif Covid-19 tersebut, status Kabupaten Aceh Selatan yang saat ini zona kuning akan mengarah ke zona merah.

Sedangkan Provinsi Aceh saat ini telah ditetapkan sebagai daerah transmisi local Covid-19,” kata Novi Rosmita via telepon selular  kepada wartawan di Tapaktuan, Jum’at (31/7/2020). 

Menurutnya, jika dilihat dari grafiknya terus meningkat sepertinya Kabupaten Aceh Selatan segera akan ditetapkan sebagai zona merah oleh Pemerintah Pusat. 

Karena dalam ketentuannya itu, jika terjadi penurunan kasus akan kembali ditetapkan menjadi zona hijau, jika mendatar tetap menjadi zona kuning tapi jika terus naik grafiknya dapat dipastikan akan ditetapkan menjadi zona merah,” jelasnya.

Disisi lain, ia menyatakan, Dinkes Aceh Selatan membatasi operasional Puskesmas Samadua karena salah satu petugasnya dinyatakan positif Covid-19. 

Petugas Puskesmas Samadua bersama satu orang anaknya itu merupakan pasien yang sebelumnya sempat melakukan riwayat perjalanan dari kota transmisi local Covid-19 di Indonesia yaitu dari Kota Semarang.

Karena baru pulang dari luar kota, orang tersebut di rapid test yang hasilnya reaktif lalu diswab juga hasilnya positif Covid-19,” ungkap Novi Rosmita.

Ia menyatakan, sebelum dipastikan positif Covid-19, pasien yang baru pulang dari Kota Semarang tersebut sempat mendatangi Puskesmas Samadua untuk mengurus sebuah surat. 

Disebabkan sudah sempat melakukan kontak erat dengan petugas Puskesmas, maka pihak Dinkes Aceh Selatan dijadwalkan akan melakukan tracking kontak erat di Puskesmas Samadua tersebut.

Tadi saya sudah menghubungi Camat Samadua untuk dikondisikan agar operasional pelayanan Puskesmas Samadua di batasi dulu untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan,” ucapnya.

Atas situasi tersebut, lanjutnya, pegawai Puskesmas Samadua saat ini terpaksa melakukan isolasi mandiri. Khusus di Dinkes Aceh Selatan, rencananya juga akan dilakukan pemeriksaan swab secara menyeluruh terhadap pegawainya.

Soalnya, sebelum 6 orang petugas tim tracking dinyatakan positif Covid-19, Plt. Kepala Dinkes  sempat menggelar rapat dengan personel tim tracking dimaksud.

Saya sendiri saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, rencananya seluruh pegawai Dinkes juga akan dilakukan pemeriksaan swab secara menyeluruh dalam waktu dekat ini,” tegasnya. (Imran Samad/hR)

Don`t copy text!