Jelang HUT RI, Ke-75, Madat Tangguh “Bereh” Berhias Diri

Madat, haba RAKYAT |

Menjelang hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, pada 17 Agustus 2020, masyarakat diberbagai Desa dalam Kecamatan Madat Kabupateh Aceh Timur menghias jalan, halaman Kantor, Sekolah, fasilitas umum dan tempat – tempat ibadah dengan bendera maupun umbul-umbul, agar tampak meriah dan menarik turut di pasang beragam lampu ornamen dijalan lintas kecamatan wilayah setempat.

Pantauan media ini, Sabtu 15 Agustus 2020, menjelang HUT RI Ke-75. Kecamatan Madat memang agak sedikit berbeda dengan kecamatan lain nya. Muspika Madat juga telah melakukan gotong royong dan memasang bendera disepanjang jalan lintas kecamatan, beragam lampu ornamen pun dipasang mengelilingi umbul-umbul dan spanduk di sepanjang jalan tampak indah dipandang jelang peringatan HUT RI, Ke-75.

Camat Madat Muchtaruddin, SE saat
ditemui media ini mengatakan pihaknya dalam menyambut hari Kemerdekaan RI tetap semangat menghias sejumlah ruas jalan dan halaman kantor Muspika dengan umbul-umbul dan bendera.” Dibagian depan dan halaman kantor dan fasilitas umum kita memasang bendera merah putih dan umbul-umbul dan lampu ornamen agar nampak menarik dan indah,” kata Muchtaruddin, SE.

Biasanya pada waktu normal, kami Muspika bersama perangakat Desa, para siswa mengikuti upacara dan melakukan pawai dan membuat berbagai perlombaan. Namun, akibat pandemi COVID-19. Para siswa kali ini tidak dilibatkan. Tapi pihak Muspika, perangkat desa dan para guru tetap menghias kantor dan sekolah, yang pasti peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020 ini tetap terus di peringati dengan semangat”, ujarnya.

Walau dalam kondisi belum normal, namun semangat tidak pernah luntur dan pudar dalam menyambut HUT kemerdekaan RI.
Hal yang kita lakukan ini juga sebagai semangat dalam menghadapi kebiasaan baru dengan tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan demi pencegahan wabah pandemi COVID-19,” tandas Muchtaruddin.

Seperti diketahui pada Senin 20 Juli 2020 lalu. Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H, M. Thaib, SH secara resmi melakukan launching perdana gampong tangguh “Bereh” dan Madat ditetapkan sebagai salah satu gampong tangguh “Bereh” di Kabupaten Aceh Timur.

Dalam sambutannya saat itu, Bupati yang akrab disapa Rocky berharap gagasan gampong tangguh “bereh” akan menjadi harapan baru bagi masyarakat Aceh Timur dalam menata kehidupan ditengah wabah pandemi covid dengan tangguh.

Agar Keuchik gampong lainnya dapat mencontohkan apa saja yang telah digagas di Madat ini. Lihat dan ikuti potensi yang ada di Madat, mulai sektor pertanian, perikanan, ekonomi masyarakat, tata kelola pemerintahan gampong, hingga upaya penanganan covid 19, dengan baik, sebut Rocky kala itu seraya mengapresiasi kerja keras Muspika Madat yang telah mendukung program Pemkab Aceh Timur selama ini. (Azhar)