Mencegah Penyebaran Covid-19, Puskesmas Sawang Ditutup Selama 14 Hari

Camat Sawang, Masriadi, S.STP M.Si

Tapaktuan – haba RAKYAT

Dampak terus meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan, operasional Puskesmas Sawang ditutup sementara terhitung  mulai 31 Juli – 14 Agustus 2020 mendatang.

Perihal penutupan sementara pelayanan Puskesmas dimaksud  disampaikan oleh Camat Sawang,  Masriadi, S.STP  M.Si kepada wartawan  di Tapaktuan,  Sabtu (1/8/2020).

Ia mengatakan, untuk mencegah dan  memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Muspika Sawang telah mengambil kebijakan menutup sementara operasional pelayanan Puskesmas Sawang.

Berdasarkan hasil rapat mendadak bersama Muspika beberapa saat lalu, kita telah memutuskan untuk menutup sementara pelayanan Puskesmas Sawang,“.

Ia menyatakan, langkah penutupan sementara Puskesmas Sawang  juga telah dikoordinasikan dengan pimpinan daerah, serta pihak-pihak terkait lainnya di Kabupaten.

“Penutupan operasional pelayanan Puskesmas Sawang tersebut akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai 31 Juli – 14 Agustus 2020 mendatang,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, langkah  awal operasional Puskesmas Sawang ditutup sementara  selama 14 hari. “Tentu nanti akan ada langkah evaluasi serta menunggu arahan lebih lanjut dari pimpinan dan pihak-pihak terkait di kabupaten,” jelasnya.

Setelah ditutup, lanjutnya,  pihak terkait dari Komite Gugus Tugas Covid-19 bersama pihak Dinkes Aceh Selatan dan Muspika Sawang akan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan Puskesmas sesuai prosedur tetap (Protap) Protokol kesehatan.

Kita  mengimbau kepada  masyarakat Sawang tidak menganggap sepele ancaman virus Corona, sebab telah nyata dan terbukti ada di wilayah Aceh Selatan,” himbaunya.

Kesempatan itu, ia juga meminta kepada  masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, menghindari keramaian dengan cara menerapkan aturan sosial distancing dan physical distancing.

Karena  dalam beberapa hari terakhir kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus menunjukkan grafik peningkatan bahkan dari sebanyak 15 orang terkonfirmasi positif Corona di Aceh Selatan.

Hal ini  dibuktikan telah keluarnya hasil pemeriksaan Swab RT-PCR dari Balitbangkes Aceh, salah satunya merupakan warga Kecamatan Sawang,” sebutnya.  (Imran Samad/hR)

Don`t copy text!