Peringatan HUT RI Ke-75 di Bireuen Berlangsung Sederhana

Upacara memperingati HUT RI Ke- 75 berlangsung sederhana di Bireuen, di halaman kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Senin (17/8/2020). (Dok/hR/Umar A Pandrah)

Bireuen – haba RAKYAT |

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 ditengah pandemi Covid-19 berlangsung sederhana di Bireuen, Kegiatan tersebut di halaman kantor pusat pemerintahan Kabupaten Bireuen, Senin (17/8).

Sebelumnya, peserta upacara diperiksa suhu tubuh, wajib memakai masker dan penutup wajah.

Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus covid-19. Tidak ada upacara bendera, perlombaan, dan juga malam tirakatan menjelang 17 Agustus tersebut.

Beberapa hal yang berbeda pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di masa pandemi virus corona, para peserta upacara mulai hadir ke kantor pusat pemerintahan sekitar pukul 07.00 Wib, tim medis menunggu di pintu masuk meminta setiap peserta untuk memakai masker dan diperiksa suhu tubuh. Hampir seluruh area komplek Kantor Bupati Bireuen dipenuhi bendera dan umbul-umbul merah putih.

Dalam rangkaian acara yang dihadiri seluruh unsur Forkopimcam, Bupati Bireuen menyerahkan bingkisan kepada keluarga pahlawan, veteran dan warakauri.

Penyerahan secara simbolis diterima oleh ketua veteran Bireuen, AR Djoeli (91), Daryati M Ali (57) mewakili Warakawuri dan Emilza Putra (42) cucu dari almarhum Kolonel (purn) Husein Yusuf. Jumlah penerima bingkisan mencapai belasan orang dan diwakili oleh tiga (3) orang tersebut.

Jika ada yang datang tidak memakai masker, petugas medis membagikan masker bagi mereka. Termasuk dibagi penutup wajah. Sedangkan peserta upacara sangat terbatas dari Satpol PP diwakili oleh anggota WH, Polres Bireuen, anggota TNI dari Yonif RK 113/JS, Kodim 111/Bireuen masing-masing lima (5) orang ditambah tujuh (7) orang Camat dan tujuh (7) PNS lainnya.

Sedangkan di kursi tamu undangan diisi oleh unsur Forkopimda, seluruh Kepala SKPK, kaum ibu serta perwakilan veteran, warakawuri dan keluarga pahlawan.

Upacara memperingati HUT RI dimulai pukul 08.00 Wib dan berakhir satu jam kemudian dengan kegiatan utama adalah pengibaran bendera.

Usai di Kantor Bupati Bireuen unsur Forkopimda ke pendopo Bupati Bireuen dengan agenda utama menyaksikan detik-detik proklamasi secara virtual. (Umar A Pandrah/hR)

Don`t copy text!