Pohon Mahoni Miring, Cabangnya Patah Menimpa Badan Jalan Siantar – Tebing Tinggi

Photo: Kondisi pohon mahoni yang miring ke badan jalan lintas  Siantar – Tebing Tinggi Desa Pa Batu 1 Kecamatan Dolok Merawan Sumatera Utara membuat cemas para pengendara. (Photo Said Tarmidi Assegaf)

Serdang Bedagai – haba RAKYAT |

Pohon mahoni yang miring ke badan jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Siantar – Tebing Tinggi belum juga disikapi pihak Dinas Kehutanan Provinsi Sumut. Padahal pohon tersebut sudah jelas bisa mengancam nyawa para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua, maupun roda empat saat melintasi jalan tersebut.

Jika dilihat kondisi fisik pohon Mahoni itu diperkirakan telah berumur sekitar puluhan tahun. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bina Marga, sudah sepatutnya membuat nyaman pengendara atau pengguna jalan yang melintas kawasan itu dengan cara menebang pohon mahoni yang berukuran besar itu.

Karena pohon itu, benar – benar sangat membayakan para pengendara yang selama ini sudah cemas dan was – was setiap melintasi kawasan tersebut.

Pohon itu juga menghambat pandangan para pengendara dan sewaktu – waktu bisa tumbang, apalagi kalau angin kencang datang sewaktu-waktu. Akibat pohon mahoni miring ke badan Jalan Siantar-Tebing Tinggi membuat pengendara merasa terganggu dan merasa cemas.

Melihat kondisi pohon itu Ketua Koodinator Tim lnvestigasi DPC LSM LPAAS RI Kabupaten Serdang Bedagai Said Tarmizi Assegaf langsung menyikapinya. Rabu (19/8/2020). Said menyebutkan seharusnya pihak BPJN, Binamarga dan Dinas Kehutanan Sumut segera mengambil sikap untuk menebang pohon tetsebut yang telah meresahkan para pengguna jalan. Karena posisi pohon mahoni yang sudah miring juga dapat menyebabkan kecelakaan.

“ Pohon mahoni yang miring ke badan jalan, jelas sangat mengganggu pengendara dan bisa mengancam jiwa pengendara. BPJN dan Dinas Kehutanan Sumut, jangan terkesan menutup mata. Mohon di ambil tindakan secepatnya dengan cara menebang pohon mahoni yang sangat mengganggu. Pohon mahoni yang rindang dan miring ke badan jalan hampir 45 derajat ini, persisnya berada di tikungan jalan lintas Siantar – Tebing Tinggi,” kata Said Tarmizi Arsegaf.

Jika dari arah Tebing Tinggi menuju Siantar, lewat Kantor Waskita Zona lll  PTPN IV Pabatu atau sekitar 5 Km sebelah kiri. Jika dari arah Siantar sebelum Kantor PT Waskita Zona lll persisnya di sebelah kiri sesudah rumah sekolah SD Negeri Pabatu  Serdang Bedagai, jelas nya.

Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Utara (Sumut) dan Balai Pelaksanaan Jalan nasional (BPJN) saat dihubungi untuk dilakukan konfirmasi belum juga terhubung hingga berita ini ditayangkan.
(Said Tarmidi Assegaf)

Don`t copy text!