Subsidi Gas Epj 3 Kg Bakal Dicabut, Dialihkan Ke Langsung Tunai

Jakarta, haba RAKYAT |

Pemerintah diminta untuk segera merubah makanisme penyaluran subsidi elpj tabung gas 3 kg, agar subsidi tabung melon biaya nya ditranfser langsung kepada masyarakat miskin penerima manfaat. Dengan pola seperti ini banyak pihak meyakini subsidi akan lebih tepat sasaran dan akan mengirit anggaran negara.

Sementara subsidi elpiji gas melon dicabut. Polanya diubah menjadi bantuan langsung tunai diberikan langsung ke rakyat miskin,” ujar Ekonom Core Indonesia, Piter Abdullah, kepada Sindonews, di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Dikatakan, perubahan sistem penyaluran subsidi lebih mudah dilaksanakan pemerintah, sehingga setiap saat tak timbul kegaduhan akibat kelangkaan atau mahalnya elpiji tabung 3 kg di kios kios pengecer.” Pasalnya yang gaduh kehabisan elpiji gas melon justru orang-orang kaya yang seharusnya tidak berhak membeli gas melon. Dengan demikian, justru yang dirugikan adalah masyarakat miskin” sebut nya kepada Sindonews.

Sebelumnya. Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan juga mengatakan apabila subsidi diberikan secara terus menerus maka beban anggaran negara akan terus bertambah, sehingga mengganggu keuangan negara. Pasalnya saat ini 70 persen elpiji masih impor sehingga memperbesar defisit neraca perdagangan.

Perlu ada kebijakan dalam mengendalikan elpiji 3 kg di mana salah satunya adalah distribusi tertutup. Ini lebih jelas, asalkan datanya benar benar tepat sasaran dan jangan sampai salah data,” tandas nya.
Sumber : Sindonews (Red/hR)

Don`t copy text!