AJI Langsa Buka Kesempatan Untuk Pendaftaran Anggota Baru

Foto : Ilustrasi

Langsa – haba RAKYAT |

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Langsa membuka kesempatan untuk mendaftarkan diri bagi calon anggota baru, yakni para jurnalis cetak, online, radio, jurnalis foto dan video, blogger, pers mahasiswa, perancang grafis berita, pengecek fakta, kolumnis, penulis cuplikan berita televisi dan jejaring sosial, pembaca berita televisi dan radio untuk bergabung menjadi anggota.

Sekretaris AJI Langsa, Mulyadi mengatakan, rekrutmen calon anggota baru AJI Langsa, merupakan salah satu amanat Konferta AJI Langsa Desember 2019 lalu.

Sekaligus regenerasi dan memberi ruang bagi jurnalis untuk berserikat dan berkumpul, “ujar Sekretaris Aji Langsa Mulyadi kepada Media haba RAKYAT beberapa waktu lalu“.

Mulyadi menjelaskan, jurnalis yang berminat bergabung dengan AJI Langsa harus melalui tahapan seleksi administrasi hingga wawancara.

Syarat utamanya adalah Mengisi formulir pendaftaran, dan menyerahkan tiga karya jurnalistik yang diproduksi dalam satu tahun terakhir yang telah dipublikasikan di perusahaan pers berbadan hukum, untuk selanjutnya akan diverifikasi tim AJI Langsa. 

Syarat lainnya calon anggota tidak bekerja dan atau melakukan kegiatan yang bertentangan dengan AD/ART AJI, serta kode etik jurnalistik dan atau visi misi AJI,” kata Mulyadi saat itu.

Sesuai dengan amanat Konferta AJI Langsa, mulai tahun ini perekrutan anggota terbuka untuk pers mahasiswa. 

Namun, syarat untuk pers mahasiswa harus menyerahkan 13 karya jurnalistik yang sudah dipublikasikan dalam satu tahun terakhir. 

Dikatakan Mulyadi’, “bahwa dalam kesempatan ini akan ada tahapan lagi, wawancara dan mendapat minimal tiga (3) rekomendasi dari anggota AJI, semua anggota baru yang mendaftar wajib ada tiga (3) rekomendasi dari anggota AJI,” terangnya. 

Lebih jauh Mulyadi menerangkan, jurnalis yang berdomisili di Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang, atau sekitarnya yang berminat mendaftar, dapat mengambil formulir di Sekretariat AJI Langsa, di Jalan Komplek Savira Indah A/32 Langsa Barat, Kota Langsa. Pengembalian formulir mulai Tanggal 10-20 Oktober 2020. 

Untuk selanjutnya akan diverifikasi administrasi oleh tim dan akan dihubungi oleh panitia seleksi untuk wawancara,” tutup Sekretaris AJI Langsa Mulyadi yang akrab disebut Hengky. (Jim/hR)