Asisten 1 Setdakab Melantik 3 Keuchik di Abdya

Foto : Pengukuhan sumpah jabatan oleh Gunawan Natria. Lc kepada tiga Pj. Keuchik dari dua Kecamatan di ruangan Asisten Pemerintahan Setdakab Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Selasa (8/9/2020).

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT |

Asisten Satu Setdakab Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Amrizal, S.Sos melantik tiga Pj Keuchik (Kepala Desa) dari Dua Kecamatan. Yaitu Kecamatan Susoh dan Kecamatan Setia, di ruangan Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya. Selasa, (8/9).

Berdasarkan Data Fakta Integritas yang diperoleh dari Bagian Pemerintahan Setdakab Abdya disebutkan ketiga Pj Keuchik dimaksud adalah, Jamali di angkat sebagai Pj. Keuchik Gampong Alue Dama Kecamatan Setia, Edy Nurhady di angkat sebagai Pj. Keuchik Gampong Durian Jangek Kecamatan Susoh dan Drs. Syarifuddin. M, MM di angkat sebagai Pj. Keuchik Gampong Barat Kecamatan Susoh Asistensi Satu Setdakab Abdya Amrizal, S.Sos pada kesempatan itu mengatakan Keuchik merupakan pelayan masyarakat yang mempunyai akses langsung.

Maka dari itu, ia meminta kepada keuchik yang baru dilantik untuk bisa menyukseskan program pemerintah dan tentunya mampu merangkul semua masyarakat untuk membangun gampong tersebut.

Menjadi seorang keuchik ini tugasnya sangatlah berat. Harus mengayomi seluruh lapisan masyarakat yang ada. Tugas yang berat tersebut akan ringan jika kita membagikan tugas antara keuchik dengan perangkat gampong. Seperti Sekdes, Kaur dan Kadus. Jadi keuchik tidak bekerja sendiri harus bekerja sama dengan aparatur gampong,” sebutnya.

Kemudian dikatakan, keuchik harus mengkoordinasi dengan pimpinan atas. Seperti Camat dan unsur Muspika. Tugas-tugas keuchik ini harus dilaksanakan dengan baik, harus berlaku adil terhadap masyarakat. Jika ada bantuan untuk masyarakat diberikan kepada yang berhak menerima.

Selanjutnya, di gampong sekarang sangat banyak bantuan-bantuan dari pemerintah pusat untuk pemerintah desa. Anggaran tersebut harus digunakan dengan sebaik baiknya, sehingga bisa memandirikan gampong, meninggkatkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteran masyarakat gampong.

Dalam merencanakan menggunakan anggaran desa ini harus di musyawarahkan dengan masyarakat secara transparan. Apaapun realisasi anggaran desa itu harus dipublikasikan ditengah-tengah masyarakat, tidak ada yang ditutup-tutupi. Sehingga tidak ada persoalan yang timbul di pemerintahan desa dalam pengelolaan dana desa. Transparansi sangat penting sekali sesuai dengan prosedur dan petunjuk mekanisme yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah,” Tegasnya.

Menurut pantauan awak Media, pada kegiataan pelantikan tersebut juga dihadiri oleh, Asisten Pemerintahan Amrizal. S.Sos, KUA Kecamatan Susoh Gunawan Natria. Lc, Camat Setia Raifin. S,Pd, Camat Susoh H. Zulfan, Kabag Pemerintahan Rizal. Mn, Kasubbag Ikhwan. Amd dan Undangan lainnya.

Pelantikan tersebut juga tampak semua peserta dan tamu undangan mengikuti Protokol Kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak. (MS/hR)

Don`t copy text!