Beberapa Karakter Kepemimpinan Yang Ideal

Oleh :

H. Muhammad Yusuf, S.Pd.I Kepala MIN 30 Aceh Utara

Menjadi seorang pemimpin yang baik tidaklah mudah, selain mengatur diri sendiri, juga harus mampu memimpin dan mengatur semua individu dalam sebuah kelompok untuk mencapai kepentingan bersama.

Setiap orang memiliki karakter kepemimpinan masing-masing, tergantung pada cara setiap individu mengembangkan karakter tersebut.
Berikut ini beberapa karakter kepemimpinan yang ideal :

  1. Cerdas.
    Kecerdasan menjadi salah satu karakter kepemimpinan yang ideal. Dengan kecerdasan yang dimiliki, akan mampu bertahan saat dirundung masalah. Kecerdasan itu dibutuhkan untuk memulai ide-ide baru. Pemimpin yang ideal adalah seseorang yang haus akan pengetahuan, sehingga akan tekun untuk belajar.
  2. Bertanggung Jawab.
    Bertanggung jawab pada diri sendiri adalah hal yang wajib bagi setiap individu. Namun, seorang pemimpin wajib bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan semua individu di kelompoknya. Ketika seorang anggota dari kelompoknya melakukan kesalahan, seorang pemimpin yang ideal tidak berhak hanya menyalahkan anggota tersebut. Harus disadari bahwa kesalahan yang dilakukan individu tersebut juga kesalahan pemimpin, karena pada dasarnya seorang pemimpin harus bisa mengatur dan mengontrol anggotanya.
  3. Jujur.
    Seorang pemimpin yang ideal harus jujur dan tulus. Dia sepatutnya mampu untuk terbuka pada anggotanya dalam setiap tindakan yang diambil.
  4. Dapat Dipercaya.
    Sebuah kelompok akan berjalan bila adanya kepercayaan. Oleh karenanya, kejujuran itu diperlukan. Pemimpin yang jujur akan membuat semua anggota percaya kepadanya. Kepercayaan inilah yang memacu setiap anggota untuk lebih maju.
  5. Inisiatif.
    Pemimpin ideal adalah dia yang mampu untuk memutuskan segala hal dengan benar. Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menemukan solusi yang baik dan tak merugikan kelompoknya. Terlebih, seorang pemimpin dituntut untuk bisa memberikan terobosan dalam berbagai hal.
  6. Konsisten dan Tegas.
    Konsisten dan bukan berarti kaku. Pemimpin yang konsisten adalah dia yang mampu menjalankan setiap aturan dan kesepakatan yang telah terbentuk. Tegas yang dimaksud adalah tidak membebaskan anggotanya, namun juga tidak mengekang anggotanya. Sedangkan kaku adalah sikap dimana seorang pemimpin hanya mementingkan apa yang menurutnya walau itu melanggar aturan. Ketika dia memiliki berpendapat, maka anggotanya harus menyetujui pendapat tersebut.
  7. Adil.
    Pemimpin wajib memperlakukan anggotanya dengan sama. Dia harus menghindari hubungan spesial dengan anggotanya. Hal ini disebabkan, jika ada kedekatan sedikit saja dengan seseorang anggota, maka akan timbul kecemburuan pada anggota lainnya dan akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap pimpinan.
  8. Lugas.
    Lugas juga merupakan salah satu karakter kepemimpinan yang tak kalah pentingnya. Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan pemikirannya langsung, tanpa bertele-tele. Dia mampu menjelaskan pokok-pokok penting mengenai idenya, sehingga setiap anggota akan memahaminya.
    Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sudah menjadi pemimpin dan dapat membantu anda untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik. (***)

Don`t copy text!