Dinsos Aceh Besar Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Badai

Foto : Dinas Sosial (Dinsos) Aceh Besar, Kadis Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil, S.Sos, MSi saat menyerahkan bantuan di Gampong Lampisang, Senin (21/9/2020). (hR/Syahril Ahmad)

Aceh Besar – haba RAKYAT |

Dinas Sosial (Dinsos) Aceh Besar, menyelesaikan penyaluran bantuan masa panik untuk korban badai pada sejumlah lokasi di Kabupaten itu, Senin (21/9).

Pada hari terakhir Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali, turut menyerahkan bantuan kepada korban di Gampong Ulee Tuy, Kecamatan Darul Imarah.

Total penerima bantuan berupa sembako yang mulai disalurkan setelah badai menerjang pada Sabtu (19/9), tersebut sebanyak 62 Kepala Keluarga yang tersebar di 14 Kecamatan.

Saat menyerahkan bantuan, Bupati Mawardi Ali turut didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil, S.Sos MSi, bersama Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Nuradiana, SSTP dan sejumlah staf, serta anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Aceh Besar.

Pada kesempatan itu Mawardi Ali menyampaikan, Pemkab Aceh Besar selalu peduli terhadap korban bencana alam dan musibah lainnya.

Yang kita serahkan hari ini (kemarin-red) merupakan bantuan masa panik untuk membantu para korban angin kencang memenuhi kebutuhan sehar-hari”.

Insya Allah”, nanti kita upayakan akan ada bantuan lanjutan berupa biaya perbaiki atau rehab rumah yang rusak. Karena bencana ini merupakan cobaan dari Allah SWT, jadi kita harus selalu berdoa dan sabar,” pinta Bupati Mawardi.

Sementara itu, Kadis Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil, S.Sos MSi, Senin (21/9), menyebutkan, pada hari terakhir kemarin, bantuan diserahkan ke Kecamatan Darul Imarah, Peukan Bada, Lhoknga, Sukamakmur, dan Seulimuem.

Di Darul Imarah, penerima bantuan masing-masing di Gampong Deunong dua KK, Ulee Tuy dua KK, Payaroeh satu KK, Kompleks Rindam Iskandar Muda (IM) enam KK.

Untuk Kecamatan Peukan Bada, lanjut Bahrul Jamil, bantuan diserahkan ke Desa Lamkeumok dan Lam Isek masing-masing satu KK.

Selanjutnya, satu KK di Desa Lam Ateuk (Kecamatan Lhoknga), dua KK warga Lampisang (Sukamakmur), dan satu KK di Desa Lhok Seunong (Seulimuem).

Sementara untuk korban di Kecamatan lain sudah kita serahkan sebelumnya,” jelas Kadis Sosial Aceh Besar yang akrab disapa BJ, ini.

Khusus untuk satu KK di Gampong Seurapong, Kecamatan Pulo Aceh, tambah Bahrul Jamil, bantuan masa panik rencanannya akan diserahkan pada Sabtu atau Minggu mendatang, bersamaan dengan pembagian bantuan sosial tunai (BST) Tahap VI (enam) kepada masyarakat di Kecamatan kepulauan tersebut.

BJ didampingi Kabid Linjamsos, Nuradiana, SSTP, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota Tagana TKSK Se-Aceh Besar yang sudah memberikan dukungan penuh kepada pihaknya, dengan membantu dan mendata korban setelah kejadian sampai mendampingi penyaluran bantuan.

Sehingga semua kegiatan dapat berjalan cepat dan tepat sasaran. 

Ke depan, kami berharap jika ada warga yang terkena dampak bencana agar melapor kepada Keuchik, TKSK, atau Camat untuk selanjutnya disampaikan ke kami,” demikian Bahrul Jamil. (Ril/hR)