Hari Perdana Razia Masker, 85 Orang Terdata Lakukan Pelanggaran

Aceh Tengah – haba RAKYAT |

Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penganganan Corona Virus Disease (Covid -19) Aceh Tengah, saat melaksanakan kegiatan razia masker (dok. foto : Erwin)

Sedikitnya 85 orang terjaring saat pelaksanaan perdana razia masker dilaksanakan Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Aceh Tengah, Rabu 9 September 2020 di kawasan jalan lintas jalur dua Lebe Kadir Reje Bukit, Kecamatan Bebesen.

Razia ini dilakukan sebagai bentuk penegakan hukum terhadap penerapan sanksi aturan protokol kesehatan yang telah diundangkan melalui qanun Perbub Nomor 25 Tahun 2020, tentang kewajiban penggunaan masker bagi masyarakat dalam era new normal hadapi pandemi virus.

Saat razia berlangsung sejak pagi jelang tengah hari, ratusan unit kendaraan melintas tak luput dalam pemeriksaan petugas. Puluhan tim gabungan lintas sektor dari Pol PP, personil unit Polres, personil KODIM 0106 dan personil Sub Denpom, saat razia mendata serta berikan edukasi protokol kesehatan kepada para pelanggar.

Kabid Penegakan Hukum dan Penindakan Pol PP Kab. Aceh Tengah Anwar.SH, kepada media mengatakan di hari pertama pelaksanaan razia masker saat itu dinilai minim pelanggaran.

“Dalam pelaksanaan razia masker yang sudah kita rencanakan pada hari ini kita awali, di lapangan dari jumlah kendaraan melintas terpantau masyarakat sudah banyak memakai masker. Hasil presentasi kurang sepertiga yang tidak menggunakan masker,” papar Anwar.

Ditambahkanya melalui momen razia, pihaknya kembali mengingatkan masyarakat untuk penggunaan masker. Terkait disiplin dan penindakan sanksi bagi pelanggar dikatakan Anwar, razia masker hari itu sebagai tahap awal pendataan.

“Terhadap pelanggar dilakuan teguran dan membuat pernyataan tertulis, serta pencatatan identitas pelaku. Untuk sanksi sesuai aturan akan diberlakukan apabila terjadi pelanggaran berulang sesuai dasar hukum yang ada,” tegasnya.

Ditambahkan Anwar pelaksanaan razia ini akan terus dilakukan dalam sepekan, terbagi di berbagai lokasi kawasan kota Takengon. Bagi masyarakat dihimbau tim gugus, agar selalu membawa dan gunakan masker saat bepergian.

Sementara Kanit Diyaksa Unit Satuan Lalulintas Polres Aceh Tengah, Ipda. Aidil Mufrizal yang mengungkapkan, walau sempat diguyur hujan dalam pelaksanaan razia masker, tim gabungan tidak mengalami kendala.

“Alhamdulillah, sesuai perintah dari pimpinan kami pak Kapolres Aceh Tengah. Kami dari masing masing fungsi turun, baik dari unit Lalulintas, Shabara, unit Intel dan lainya. Tugas kami di sini mengontrol dan membantu tugas satuan lainya, untuk penertiban lalulintas dan razia masker. Dan kegiatan ini tidak mengalami kendala,” terangnya.

Selain itu dalam pelaksanaan fungsi tugas tim gabungan, dikatakan Ipda Aidil, unit Lalulintas memberikan himbauan agar masyarakat tertib aturan laluntas, dengan menggunakan helm dan tidak kebut kebutan atau melawan arus, serta gunakan masker.

Hal ini juga dikatakan Aidil selaras dengan rangkaian kegiatan peringatan HUT Polantas di tahun 2020 yang diperingati oleh Polres Aceh Tengah, dengan dilaksanakanya razia tertib lalulintas dan penggunaan masker. (Erwin)

Don`t copy text!