Peran TNI Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

Foto : Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Aceh Timur Serda Eko Tri Suranto, sedang turun ke sawah untuk membantu petani dengan merawat tanaman padi, di Desa Alue Gading Gampong, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. Senin (7/9/2020. (Dok/hR/Jim)

Aceh Timur – haba RAKYAT |

TNI terus membangun kemanunggalan dengan rakyat, untuk mewujudkan program swasembada pangan di masa Pandemi Covid-19.

Seperti dipraktekkan, Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Aceh Timur Serda Eko Tri Suranto, Senin (07-09-2020), ia turun ke sawah untuk membantu petani dengan merawat tanaman padi, di Desa Alue Gading Gampong, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur.

Serda Eko menuturkan bahwa, tujuan dari pendampingan ini adalah Untuk membantu, dan sekaligus memberikan motivasi petani dalam upaya mempercepat masa tanam padi. 

Ia mengatakan, “TNI selalu siap terkait memperhatikan masyarakat, sebagai wujud kepedulian TNI, untuk membantu warga di wilayah binaannya itu,” ujar Babinsa.


Ditambahkannya, “bahwa salah satu peran nyata di lapangan, untuk menjaga ketahanan pangan dan memberi semangat petani, sekaligus  mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan ketahanan pangan khususnya di wilayah binaan, dimasa pandemi Covid-19 ini, “ucapnya.

Selain itu juga, Babinsa Ramil 11/BRB saat melakukan pendampingan ini turut ikut begemelut dalam lumpur sawah guna mambantu petani Desa binaannya menyemprot hama padi di sawah milik Bapak Mukhsin seluas 8 (Delapan) rante.

Kita juga membantu petani, masih dengan Babinsa, dalam menyiapkan dan mengolah lahan pertanian, perawatan tanam hingga masa panen mendatang,” imbuh Eko.

Sementara Danramil 11/BRB Lettu Inf Jaya Sakti saat dikonfirmasi awak media dikantornya mengatakan, selaku aparat teritorial, Babinsa diharapkan mampu mendorong para petani di wilayah binaannya untuk meningkatkan produksi pangan dalam masa pandemi seperti sekarang ini,” tutur Danramil.

Senada dengan usahanya itu saya mengajak kepada petani dan masyarakat, agar lebih bersemangat lagi dalam berolah tanam untuk kesejahteraan para petani dan masyarakat”, kata Danramil.

Lebih lanjut, Danramil menyampaikan bahwa, upaya khusus pendampingan pertanian dalam rangka percepatan luas tambah tanam padi ini, akan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Kami selaku aparat Satuan Komando Kewilayaan (Satkowil) di Kecamatan Birem Bayeun berharap, semakin rutinnya dilakukan pendampingan ini, petani di Desa binaannya pun semakin giat dan semangat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami padi dalam rangka antisipasi kurangnya stock beras diwilayah Aceh Timur khususnya.

Maka dengan itu, khususnya Kecamatan Birem Bayeun ini, target perolehan panen nantinya semakin meningkat dan melimpah untuk mencukupi di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini” tutup Danramil yang ramah itu.(Jim/hR)