Pintu Air DI Jambo Aye Akan Dibuka, Warga Diminta Tak Membuang Sampah Dalam Saluran Irigasi

Photo: Akibat kurang kesadaran masyarakat, hingga sampah menumpuk di salah satu pintu air irigasi Jambo Aye, akibatnya aliran air tersumbat hingga merugikan semua pihak. (Photo/dok/Ist)

Aceh Utara, haba RAKYAT |

Pintu air irigasi Bendungan Jambo Aye – Langkahan Kabupaten Aceh Utara akan dibuka pada tanggal 20 September 2020 mendatang. Oleh karena nya masyarakat di minta untuk tidak membuang sampah kedalam saluran irigasi. Guna memaksimalkan pemanfaatan air, bagi petani di Aceh Timur dan Aceh Utara diimbau untuk segera mempersiapkan keperluan turun ke sawah mereka.

Kita sangat berharap dan selalu mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah kedalam saluran air irigasi. Akibat banyaknya sampah di bibir saluran induk dan juga bangunan liar bisa menganggu aliran air dan kepentingan umum,” Kata Kepala Ranting Irigasi Jambo Aye Khairil Anwar saat di temui media ini. Minggu (13/9/2020).

Oleh karena itu, Khairil juga meminta masyarakat untuk mematuhi aturan (qanun) yang telah dibuat pemerintah. Jangan membuang sampah sembarangan kedalam bangunan saluran irigasi, karena air akan tersumbat saat dialiri dan saat dibutuhkan. “Jangan dijadikan badan tanggul saluran untuk lahan pertanian dan perkebunan. Bila hal itu terus dibiarkan, tanggul saluran induk dan sekunder pasti akan cepat rusak, yang rugi iya petani sendiri” tandas Khairil.

Hal senada juga disampaikan Petugas Lapangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Aceh Utara Razali Yusuf (Cekli) selaku penanggung jawab pihaknya dalam melakukan buka-tutup pintu air, selama ini aktif dalam mengatur siklus air di wilayah Kecamatan Jambo Aye dan Langkahan. Bahkan semua petugas aktif dalam memantau kondisi air irigasi.

“Selama ini kita melihat sepertinya masyarakat belum ada rasa memiliki keberadaan jaringan irigasi yang telah dibangun dengan biaya besar, sehingga banyak sampah yang dibuang ke dalam saluran di sepanjang jalan irigasi Jambo Aye-Langkahan. Padahal air bersih sangat penting, bukan hanya untuk petani saja. Bahkan banyak sekali manfaatnya, untuk mencuci pakaian, mandi dan sebagai nya. Demi kepentingan bersama, maka kita harapkan warga tidak lagi membuang sampah kedalam saluran air,” ujarnya.

Insya Allah, pintu air DI Jambo Aye – Langkahan akan di buka pada 20 September 2020 dan ditutup 4 bulan kedepan yakni pada 20 Januari 2020. Oleh karena nya kita harapkan petani benar-benar memanfaatkan waktu dan turun sawah serentak untuk aktivitas bercocok tanam.” ujar Cekli.

Pembukaan pintu air Irigasi bendungan Langkahan ini akan dibuka pekan depan. Bendungan irigasi tersebut merupakan salah satu bendungan terbesar di Aceh yang mengaliri air ke lahan sawah masyarakat dalam dua kabupaten. Oleh karena itu demi kepentingan bersama diharapkan agar air mengalir lancar, masyarakat diminta tidak membuang sampah sembarangan, apalagi kedalam saluran air irigasi. (Azhar)

Don`t copy text!