Terhenti Karena Covid-19, Kini Jamaah Masjid Abu Keumala Kembali Gelar Pengajian Rutin

Foto : Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf saat menyampaikan sambutannya, Selasa (8/9/2020) pagi pada acara pengajian di Masjid Baiturrahim Abu Keumala Kecamatan Seunuddon Aceh Utara. (hR/Ist)

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Jamaah Masjid Baiturrahim Abu Keumala, Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara, Selasa (8/9) pagi kembali menggelar pengajian rutin yang sempat terhenti saat merebaknya wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

Pengajian yang diisi oleh Abu Manan, sapaan akrab Tgk. H. Abdul Manan Blang Jruen turut dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf.

Abu Manan yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara pada kesempatan itu membahas kisi-kisi ilmu tauhid.

Abu Manan Blang Jruen, sedang memberikan pengajian ilmu tauhid di Masjid Baiturrahim Abu Keumala Kecamatan Seunuddon Aceh Utara

Camat Seunuddon, Drs. Tgk. H. M. Jamil Rasyid mengatakan, pengajian tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah atau mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Meskipun sempat terhenti selama beberapa bulan, kini pengajian rutin bulanan tersebut dilaksanakan kembali untuk menyahuti keinginan para jamaah yang haus akan ilmu-ilmu agama”, ujarnya.

Dikatakan lagi, pengajian berlangsung dua (2) kali dalam sebulan, yaitu pada awal dan akhir bulan serta diasuh oleh ulama kharismatik Aceh, yang memiliki ilmu agama sangat mampuni dan dirindukan oleh para jamaah.

Pada awal bulan, pengajiannya diasuh oleh Abu Manan dan akhir bulan diasuh oleh Abi Jafar Lueng Angen,” sebut M. Jamil.

Sementara itu, Fauzi Yusuf dalam arahannya mengharapkan agar lebih banyak lagi jamaah yang menghadiri pengajian pada hari-hari mendatang.

Oleh karenanya, libatkan seluruh aparatur Kecamatan, baik dari Kantor Camat, Puskesmas maupun lainnya, sehingga jamaah menjadi lebih ramai, pinta Wabup.

Karena kita bersyariat Islam, maka akan kita gerakkan di 27 Kecamatan, bahwa harus ada pengajian di setiap meunasah dan masjid sebagaimana yang telah tertuang dalam Visi dan Misi Bupati Aceh Utara,” pungkas Fauzi Yusuf.

Pengajian yang digelar itu, selain dihadiri jamaah tetap masjid setempat, para pimpinan dayah dan balai pengajian, Imum Mukim, para Geuchik dan Imum Gampong, juga pejabat jajaran Muspika Seunuddon dan staf/pegawai Kantor Camat, Koramil dan Polsek serta staf Puskesmas Seunuddon. (Yoes/hR)