TPPI Aceh Timur Terima Kunjungan Tim KPW 1 Aceh

Photo: TPPI Aceh Timur ketika menerima kunjungan Road Show Tim Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) 1 Aceh. Sabtu 19 September 2020, di Kantor Sekrektariat P3MD Idi Rayek Aceh Timur. (photo/dok/hR)

Aceh Timur, haba RAKYAT|

Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Aceh Timur menerima kunjungan Road Show Tim Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) 1 Aceh. Sabtu 19 September 2020, bertempat di Kantor Sekrektariat P3MD Idi Rayek Aceh Timur.

Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar
(TAPSD) Aceh Timur Yusmiadi, SE (Abu Yus) mengatakan dengan adanya Rakor untuk mendapatkan informasi terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2021 dan melaporkan Progres DD Tahun 2020 serta beberapa aplikasi pelaporan berbasis android.

“Tim Road Show ini di pimpin langsung oleh Koordinator Provinsi Pendamping Wilayah 1 (Korprov PW 1) Aceh Drs. Zulfahmi Hasan didampingi oleh 4 KPW lainnya terkait prioritas Dana Desa Tahun 2021 diantaranya untuk: Pemulihan Ekonomi, Ketahanan Pangan, Pelayanan Sosial Dasar, dan Desa Digital,” kata Abu Yus saat ditemui.

Peserta Rakor tersebut terdiri dari TAPM, Koordinator PD dan PDTI dari semua kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Timur.’ Bidang Pelayanan Sosial Dasar (PSD) disampaikan langsung oleh Tenaga Ahli Madya (TAM) PSD P3MD Aceh Maulizan,” kata Abu Yus seraya menjelaskan laporan PSD adalah tugas berat TPPI Aceh Timur, namun tetap semangat dan terus jaga kekompakan walau tugas berat sudah menanti, seperti Form Pantau PSDM, Input data Stunting melalui aplikasi eHDW, Rembuk Stunting dan Perencanaan 2021, dan yang terbaru SIPBM.” urainya.

Sementara, TAM PEL P3MD Aceh Mursyidan turut menegaskan bahwa tantangan bidang pengembangan Ekonomi Lokal ke depan adalah pemulihan ekonomi akibat dampak Pandemi COVID-19,” Salah satu garda terdepan pemulihan ekonomi di desa adalah memaksimalkan peran serta BUMdes dalam kegiatan unit-unit usahanya di desa. Mari kita semua mendukung optimalisasi peran BUMDes di desa desa” ajak Mursyidan.

Selain itu, Tenaga Ahli Madya Insfrastruktur Desa (TAM ID) P3MD Aceh Busra dalam kesempatan itu juga turut melaksanakan
In Service Training (IST) khusus untuk PDTI.

TAM PSI (Tenaga Ahli Madya Pengelolaan Sistim Informasi) Yosi S Suryaningrat juga meminta agar TPPI Aceh Timur terus Update APBG Perubahan kedalam Siskeudes dan juga kedalam Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPEDE).” Karena dalam 2 aplikasi itu yang terbaca progres Dana Desa di Kabupaten Aceh Timur oleh Kemendesa Pembangunan Daerah Tertinggla dan Tranmigrasi (PDTT- RI)” terangnya. (Azhar/hR)