UPTD Puskesmas Baktiya Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral

Foto : Para peserta Lokakarya Mini Lintas Sektoral sedang mengikuti kegiatan di Balai Desa Kecamatan Baktiya Aceh Utara, Rabu (23/9/2020). (hR/Yoes

Aceh Utara – haba RAKYAT |

UPTD Puskesmas Baktiya, Kabupaten Aceh Utara mengelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang dipusatkan di Aula Balai Desa, Kecamatan Baktiya, Rabu (23/9).

Kegiatan itu ikut dihadiri Camat Baktiya, Tarmizi, SE, Danramil 13/Baktiya, yang diwakili Pelda Edwarman, Kepala KUA Kecamatan Baktiya, perwakilan Kepala Sekolah/Madrasah, para Geuchik Gampong dan Kader Posyandu Gampong dalam wilayah Kecamatan Baktiya.

Kepala Puskesmas Baktiya, Munarianto, SKM, MKM sedang menyajikan materi pada kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral, di Balai Desa, Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Puskesmas Baktiya, Munarianto, SKM, MKM mengatakan, Lokakarya Mini ini bertujuan untuk menjalin dan memelihara kerjasama tim lintas program maupun lintas sektor, sehingga teridentifikasi penyebab masalah dan diupayakan pemecahan masalah dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan sesuai rencana kerja serta mengalang komitmen bersama dalam meningkatkan indek kesehatan masyarakat.

Dalam menjalankan program kesehatan diperlukan sinergitas sektoral yang terus terjalin untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat bagi masyarakat. Oleh karena itu, dengan adanya lokakarya mini ini, komunikasi lintas sektoral semakin baik untuk kesehatan masyarakat Kecamatan Baktiya”, ujarnya.

Sementara itu, Camat Baktiya, Tarmizi, SE dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan lokakarya mini merupakan program rutin UPTD Puskesmas Baktiya dan kegiatan ini dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Camat Baktiya, Tarmizi, SE saat menyampaikan sambutannya pada Acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral, di Balai Desa Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara.

Menurutnya, salah satu langkah strategis untuk menentukan arah kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih baik nantinya.

Dengan adanya kerjasama lintas sektoral, masalah kesehatan akan mudah ditangani di tingkat gampong, karena masalah kesehatan berkaitan erat dengan lingkungan.

Maka pada lokakarya ini, dirinya mengundang Geuchik Gampong, ada dari program dana gampong yang dapat membantu bidang kesehatan sebatas yang bisa ditangani melalui dana desa, tegas Camat.

Peran medis dan tanggung jawabnya memang luar biasa, maka kami himbau kepada masyarakat agar senantiasa memahami kondisi yang sedang terjadi saat ini”, pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, dr. Syarkawi dari Puskesmas Baktiya menuturkan, menyikapi kondisi pandemi covid-19 saat ini, masyarakat janganlah panik, sehingga dapat menurunnya imun tubuh, tatapi harus selalu waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir, himbaunya.

Mari kita tingkatkan kebersamaan kita dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan semoga suasana pandemi Covid-19 segera berlalu”, ajak dr. Syarkawi. (Yoes/hR)

Don`t copy text!