Wabub Pidie Lantik Imum Mukim Titeue

Foto : Wabup Pidie melantik dan mengambil sumpah Imum Mukim Titeu, Kecamatan Titeu, Pidie, Selasa 01/09 (Dok.Humas & Protokol /hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Provinsi Aceh, Fadhlulah TM Daud, ST melantik serta mengambil sumpah jabatan Imum Mukim Titeue, Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie, Sulaiman, S.Pd. Kegiatan  berlangsung di Mesjid Al Ikhlas Kemukiman Titeue, Selasa (01/09/2020).

Dalam sambutannya, Wabup Pidie mengharapkan Sulaiman, S.Pd yang dilantik menggantikan Hasan Basri selaku Imum Mukim Titeue dapat melakukan tugas serta fungsi sesuai kewenangannya.

Sebagaimana dalam Qanun Kabupaten Pidie Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Pemerintahan Mukim, tugas utama Imum Mukim menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan di bidang masyarakat, peningkatan pelaksanaan adat dan syariat islam”.

Imum Mukim juga memiliki peran sentral di dalam masyarakat sebagai pemuka penyelenggara adat, dan secara undang-undang mukim tingkatannya berada dibawah camat dan di atas para Keuchik,” jelas Fadhlullah.

Dilanjutkan, Imum Mukim selaku pemimpin adat di samping pemimpin pemerintahan di tingkat Kemukiman diminta lebih peka dengan perkembangan zaman.

Imum Mukim harus mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan syariat islam. Dalam menjalankan tugas, Imum Mukim dapat berkoordinasi dengan para Keuchik, aparatur Pemerintah Gampong serta masyarakat,” kata Wabup.

Fadhlullah berharap Imum Mukim, jika ada masalah atau sengketa di masyarakat diselesaikan dengan bermusyawarah dan mufakat.

Kami selaku Pemerintah Kabupaten Pidie berharap, Imum Mukim dapat kembalikan nilai kearifan adat istiadat di masyarakat, yang sudah baik lanjutkan, dan masih kurang dapat dibenahi, menuju masyarakat yang adil dan makmur,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Fadhlullah mengingatkan kepada yang berhadir  untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Saat ini kita sedang mengalami pandemi Covid-19, saban hari kasus yang terjadi semakin meningkat. Untuk mencegah ke arah yang terburuk, maka saya ingatkan kepada kita semua untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak,” akhiri Wabup.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Inspektorat Pidie, Mustafa Kamal, SH, M.Si. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie, Drs. Samsul Azhar. Unsur Muspika Titeue, para Keuchik dalam Kecamatan Titeue serta para tokoh masyarakat setempat. (AA/hR)

Don`t copy text!