Wakil Bupati Abdya Buka TMMD Ke-109

Foto : Wakil Bupati Abdya Muslizar, MT saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan TMMD di Aula Makodim 0110 Abdya. Selasa, (22/9/2020). (hR/MS)

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT |

Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar. MT membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun 2020 di Aula Makodim 0110 Abdya, Selasa, (22/9/2020).

Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo dalam laporannya menyebutkan, kegiatan TMMD ini bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang serta kemanunggalan TNI-Rakyat, dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik bersifat fisik, maupun yang non fisik, dalam rangka menciptakan suasana  yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan.

Kegiatan tersebut diantaranya ialah Sasaran Fisik berupa pembukaan badan jalan dengan volume 29.026 meter kubik (2.500 m), Peningkatan badan dengan volume 1.520 meter kubik (1.000 m), Pembersihan badan jalan lama 4 m x 3.000 m, Pemasangan aramco 3 titik, Pembuatan 3 unit jembatan beton dan Pemasangan bronjong.

Sedangkan yang Non Fisik yaitu, Penyuluhan bela negara, Penyuluhan kesehatan (dalam rangka Covid-19) Penyuluhan KB kesehatan, Penyuluhan narkoba, Penyuluhan kehutanan, Penyomprotan disinfektan dan Pembagian Masker.

Selanjutnya, waktu pelaksanaan Pra TMMD sejak tanggal 22 Agustus sampai dengan tanggal 21 September 2020, untuk sementara Pekerjaan persiapan 1,5 persen, Pekerjaan jalan 8,39 persen, Pekerjaan jembatan 23,99 persen, Pekerjaan aramco 0,22 persen, Pekerjaan pemasangan bronjong 6,57 persen.

Jadi, total pekerjaan selama Pra TMMD mencapai 40,33 persen. “Kegiatan TMMD ini dimulai dari tanggal 22 September hingga 21 Oktober Tahun 2020 (selama 30 hari) yang bertempat di Gampong Babah Lhung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya“.

Personel yang dilibatkan sebanyak, Dansatgas dan staf satgas TMMD 15 orang, Tim asistensi 25 orang, SSK penugasan 110 orang dan dibantu masyarakat 25-40 orang/hari,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya Muslizar. MT dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Abdya, telah menempatkan agenda pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu fokus utama pembangunan daerah.

Namun demikian, menyadari sepenuhnya bahwa upaya pencapaian kearah tersebut tidaklah mudah, mengingat semakain kompleks dan dinamisnya tantangan dan kendala pembangunan yang dihadapi.

Pemerintah Kabupaten Abdya akan senantiasa memberikan perhatian dan dukungan yang insentif terhadap pelaksanaan Program TMMD secara bertahap dan berkesinambungan”.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, “karena sejauh ini kita melihat Program TMMD telah mampu memantapkan kemanunggalan TNI dengan aparatur pemerintah dan masyarakat, khususnya dalam menjalankan program strategis pembangunan daerah,” Ujar Muslizar.

Kemudian dikatakan, program ini tidak akan memberikan dampak lanjutan yang optimal, jika tidak didukung dengan kesadaran dan pola pemanfaatan yang baik dari masyarakat.

Untuk itu, masyarakat sebagai penerima manfaat program juga harus memiliki kesadaran dan rasa memiliki, untuk bersama-sama menjaga dan memelihara setiap fasilitas yang telah dibangun, baik itu jalan, gorong-gorong, jembatan, rumah duafa dan fasilitas lainnya.

Kami yakin fasilitas yang tersedia dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya yang ada di Gampong Babah Lhung ini dan juga akan berdampak positif yang lebih signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” Pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh, Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution, SIK, Kajari Abdya, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Para Camat, Para SKPK di lingkungan Abdya dan tamu undangan lainnya.

Amatan awak Media, seluruh tamu undangan yang berhadir tampak mengikuti Protokol Kesehatan, menggunakan masker dan jaga jarak. (MS/hR)

Don`t copy text!