Anggota DPR RI Bantu 25 Alsintan Bagi Kelompok Tani Di Aceh Utara

Foto : Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) aspirasi anggota DPR RI Komisi IV Partai Demokrat, Muslem, S.HI, MM kepada Kelompok Tani (Poktan) di Aceh Utara, yang diserahkan secara simbolis oleh Wabup Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Senin (5/10/2020) di halaman Gedung Pertanian Punteut Lhokseumawe. (hR/Ist

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Para Kelompok Tani (Poktan) di bumi Malikussaleh menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) aspirasi anggota DPR RI Komisi IV Partai Demokrat. Penyerahan bantuan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, berlangsung di halaman gudang pertanian Punteut Lhokseumawe, Senin (5/10).

Terimakasih kepada anggota DPR RI Komisi IV Partai Demokrat, yang telah memberikan bantuan Alsintan bagi para kelompok tani, semoga bantuan ini dapat dipergunakan untuk menunjang pembangunan pertanian di kabupaten Aceh Utara”, ucap Sidom Peng, sapaan akrab Fauzi Yusuf.

Dikatakan, pemerintah sangat serius dalam urusan pangan sebagai produk pertanian yang utama. Keseriusan itu diwujudkan dengan gerakan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian dengan melaksanakan sapta usaha tani. Salah satunya melalui upaya pengolahan tanah dengan menggunakan alat mesin pertanian secara modern, ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Utara, Erwandi, SP mengatakan, alsintan yang diserahkan berupa 25 unit traktor, terdiri dari 1 traktor Roda 4 (TR4) dan 24 traktor roda 2 (TR2), pompa air dan pengolah pupuk organik untuk meningkatkan hasil panen para petani.

Alsintan yang diserahkan bagi kelompok tani berasal dari aspirasi anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Demokrat, Muslim, S.HI, MM”, sebutnya.

Kepada para kelompok tani penerima manfaat, Erwandi mengingatkan agar dapat mempergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Masing-masing kelompok tani, dapat menjaga dan merawat dengan baik bantuan ini serta dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Jangan sampai setelah mendapat traktor kemudian terbengkelai, rusak, dijual, atau digadaikan”, pesannya.

Ia juga berharap, dengan adanya bantuan alsintan ini, kesulitan pengolahan tanah akan segera teratasi dan semua kelompok tani di Aceh Utara dapat melakukan intensifikasi pertanian.

Alhamdulillah alat pertanian sudah tersebar pada kelompok tani di gampong-gampong. Karena luas lahan 36.984 hektare membutuhkan 1.640 unit TR2 dan 410 unit TR4, ucap Erwandi.

Dijelaskannya juga, seluruh kelompok tani agar serius melaksanakan sapta usaha tani. Diawali dari pemilihan bibit unggul, percepatan dan pengolahan tanah yang sempurna, tanam secara serentak dengan sistem jajar legowo. Termasuk diantaranya bagaimana pemupukannya, pengendalian hama, pengairan, pasca panen dan pemasaran hasil pertaniannya. (Yoes/hR)

Don`t copy text!