Cabang Dinas Pendidikan Aceh Timur Lakukan Giat Debat, LDBI dan NSDC SMA Tahun 2020

Foto : Cabang Dinas Pendidikan Aceh, Perwakilan Aceh Timur gelar Giat LDBI dan NSDC tingkat jenjang SMA Se-Aceh Timur, Selasa (27/10/2020). (hR/J.Miswar Isa)

Aceh Timur – haba RAKYAT |

Cabang Dinas Pendidikan Aceh Perwakilan Aceh Timur kembali melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) untuk jenjang SMA Tahun 2020.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara, lokasi kegiatan dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Peureulak Aceh Timur dengan melibatkan 72 peserta Siswa-Siswi tingkat SMA Se-Aceh Timur.

Giat berlangsung sehari penuh untuk debat dan sehari penuh persiapan yang melibatkan 24 SMA di Wilayah Aceh Timur dari 30 SMA yang ada, berlangsung Selasa (27/10).  

Selanjutnya pula, untuk kegiatan pelaksanaannya dibagi dua tahap yakni, LDBI 36 Peserta dan untuk NSDC 36 Siswa.

Acara debat di buka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh perwakilan Aceh Timur, Drs. Husaini, S.Pd. M.Pd.

Drs. Husaini dalam sambutanya mengatakan, penting mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan pendapat dan berlatih menjadi pendengar yang baik dengan lawan bicara, LDBI dan NSDC.

Kegiatan ini bertujuan “melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan responsif terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang, baik nasional maupun internasional,” ujar Husaini.

Dikatakannya, dirinya meyakini bahwa para peserta LDBI dan NSDC SMA Tahun 2020 Se-Kabupaten Aceh Timur, memiliki kemampuan untuk menjadi individu lebih tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan yang menghadang di depan mata.

Menurutnya “bagi peserta yang belum mengikuti kali ini,akan mewakili Aceh Timur pada debat di tingkat Provinsi dimasa mendatang,” sambungnya.

Sebelum secara resmi membuka LDBI dan NSDC, Tingkat SMA Se-Aceh Timur, Husaini juga berpesan kepada peserta agar tetap menjunjung tinggi kejujuran dalam berkompetisi, “Ujar Husaini”.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Drs. Husaini, S.Pd. M.Pd, Kasi Pengembangan mutu GTK, Syariful Azhar, S.Pd, Kasi Managemen GTK dan Mutu Siswa Cabdin, Sri Panaini, S.Pd, Kepsek SMA Negeri 1 Peureulak, Audiana, S.Pd, M.Pd dan Panitia serta para guru dan pendamping masing-masing sekolah.

Pada kegiatan yang memakan waktu panjang tersebut, “Alhamdulillah” berjalan dengan baik tanpa kendala apapun dan sukses, “tutup Drs. Husaini”. (Jim/hR)

Don`t copy text!