Jum’at Barokah Polres Aceh Tengah Bagi Sembako di Kecamatan Jagong

Aceh Tengah, haba RAKYAT |

Kapolres Aceh Tengah AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. bersama PJU Polres, Jum’at 23 Oktober 2020, pada pukul 10.30 Wib, dalam kegiatan Jum’at Barokah, menyerahkan bantuan Sembako kepada 10 orang tergolong Manula, Dhuafa dan Fakir Miskin di kawasan Kampung Jagong Jeget Kecamata Jagong, Kabupaten Aceh Tengah. 

Di Mesjid Al Mubarrok Kampung Paya Tungel, Kapolres bersama rombongan melaksanakan sholat Jumat dengan Khatib dari Personil Sat Binmas Polres Aceh Tengah Briptu Zihar dan sebagai Imam Sholat Bripka Razali.

Selesai kegiatan sholat saat itu Sandi memberikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat setempat, terkait situasi yang terjadi saat ini di Indonesia, Kapolres turut ingatkan waspada virus Covid -19.

Dikatakanya penyakit yang disebabkan virus Ini bukan hoax, tapi merupakan wabah nyata sebagai pandemi yang sedang melanda di berbagai belahan dunia, termasuk negara kita.

“Untuk itu Pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat melalui Satgas dan Inpres Nomor 6 Tahun 2020, meminta kita untuk mematuhi Prokes  dengan tetap memakai masker kemanapun pergi. Termasuk ketika kita melaksanakan ibadah di Mesjid dan rumah ibadah lainnya,” ujarnya. 

Tiga hal ditambahkan sebagai kunci Prokes kata Sandi adalah dengan ‘Menjaga jarak, mencuci tangan dengan Sabun dan memakai Masker’.

“Kita bisa mengambil contoh negara Arab Saudi, semula menutup tempat peribadatan di kota Madinah dan Mekah Al Mukarramah. namun dengan menerapkan Prokes, Alhamdulillah para jemaah maupun penduduk setempat tidak ada yang terkena Covit 19,” imbuhnya.

Dijelaskanya sejak dirinya menjabat Kapolres pada bulan Juli 2020, status Aceh Tengah masih berzona Hijau, namun saat ini pandemi Covid -19 berkembang terus, sehingga ditetapkan sebagai zona Orange.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh jemaah Jum’at, mari kita bersama sama tetap mematuhi Prokes seperti saya sebutkan sebelumnya,” ajak Sandi menghimbau masyarakat.

Berkaitan dengan Omnibus Law dikatakan Kapolres, Pemerintah tetap memberi peluang apa saja aspirasi dari masyarakat seluruhnya. Selaku pengayom dan pelindung masyarakat, dia mengharapkan apabila masyarakat ingin menyampaikan aspirasi, jangan membuat kericuhan dan sampai merusak fasilitas umum yang dapat rugikan masyarakat dan berimbas terhadap situasi Kamtibmas yang kurang kondusif.

Kemudian Kapolres juga ingatkan tentang kelesatarian alam dan lingkungan, ia mengajak masyarakat setempat untuk menjaga alam sekitar.

“Bila ingin membuka lahan serta mengolah lahan perkebunan agar jangan dilakukan dengan membakar, sebab selain melawan hukum tentunya merusak ekosistem yang ada,” terangnya.

Usai memberikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat, Kapolres menyerahkan bantuan alakadar kepada pengurus masjid tersebut.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan menyalurkan Zakat personil kepada 10 orang masyarakat di Kampung Paya Tungel berupa Sembako dan uang tunai yang diantarkan langsung oleh Kapolres dan rombongan ke rumah penerima zakat ini.

Kegiatan Jum’at Barokah hari itu diikuti oleh Perwira Jabatan Utama Polres Aceh Tengah, diantaranya Kabag Ops Akp Jon Damanik SH, Kabagren Akp  Ediyaksa SH, Kabag Sumda Akp Iswar SH, Kasat Sabhara Akp Rafliandi, Kasat Lantas  Akp Yopbie  S,IK, Kasat Binmas  Iptu Salmiati SH, Kasubag Humas Akp Zain Hamid Hsb,S,Pd,I, Kapolsek Pegasing Iptu Hasman H.SH, Personil Sat Sabhara, Personil Sat Binmas dan Personil Humas Polres Aceh Tengah. (REL)

Don`t copy text!