Kodim 0104/Atim Lakukan Penyemprotan Desinfektan, Antisipasi Penyebaran Covid – 19

Foto : Danramil 03/Rantau Selamat Kodim 0104/Atim melakukan Penyemprotan cairan desinfektan di setiap fasilitas umum, terutama Masjid Baiturrahmah, dan lain-lainya di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (23/10/2020). (hR/J.Miswar Isa)

Aceh Timur – haba RAKYAT |

Kodim 0104/Aceh Timur melalui Koramil 03/Rantau Selamat melaksanakan penyemprotan desinfektan di salah satu rumah ibadah. Bertepatan dengan hari Juma’t, yakni Masjid sebagai rumah Allah SWT tempat berkumpulnya ummat Islam untuk melakukan shalat berjama’ah, seperti biasa dilakukan sebelum – sebelumnya.

Sehubungan hal tersebut, upaya untuk mengantisipasi dampak penyebaran Virus Covid-19 atau yang lebih dikenal sebagai Virus Corona, sangatlah tepat untuk dilakukan pada hari ini.

Penyemprotan tersebut dilakukan di Masjid Baiturrahmah, Desa Rantau Panjang, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (23/10/2020).

Penyemprotan cairan desinfektan di fasilitas umum, terutama di Masjid Baiturrahmah,  Desa Rantau Panjang, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur

Dalam kegiatannya, personil Koramil 03/RTS dibantu juga oleh Anggota Brimob Kompi A Aramiah dan warga, ikut melaksanakan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan desinfektan pada bagian karpet dan lantai Masjid.

Demikian juga dengan perlengkapan peralatan lainnya, selain itu pelaksanaan penyemprotan juga mengarah ke lingkungan halaman Masjid yaitu tempat berwudhu, termasuk diruangan teras.

Disela-sela kegiatan tersebut, Danramil 03/RTS Kapten Inf Sukamto menyampaikan bahwa, kegiatan penyemprotan di Masjid ini bertujuan untuk mensterilisasi serta upaya mencegah penyebaran virus corona yang menakutkan itu, “ujar Danramil”.

Danramil mengharapkan, agar seluruh tempat fasilitas umum yang di gunakan oleh masyarakat, selain masjid juga ditempat – tempat fasilitas umum lainnya diwilayah Koramil 03/RTS wajib untuk mensterikkannya. 

Dikatakannya, “kami dari Koramil melalui para Babinsa beserta aparatur lainnya yang ada di wilayah, akan terus mensosialisasikan tentang cara pencegahan penyebaran virus tersebut, agar wilayah kita ini bebas dari Virus Corona,” ungkap Danramil.

Lebih jauh pihaknya mengharapkan, “kepada masyarakat kami himbau agar tidak terlalu panik dalam menghadapi Virus ini, selagi kita semua dapat menjaga kebersihan badan serta lingkungan secara maksimal, serta menghindari tempat-tempat keramaian, juga ikuti aturan protokol kesehatan, rajin menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak,” tambah Danramil.

Selanjutnya juga kami menghimbau, jika masyarakat ada yang mendapat gejala seperti demam, batuk, sakit pada tenggorokan serta diiringi buang-buang air besar secara terus-menerus, agar tidak ragu-ragu untuk memeriksakan diri ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat.

Disebutkan, masih dengan Danramil, hal ini bertujuan agar si penderita dapat lebih mengetahui keadaan kondisi tubuh sebenarnya, serta untuk mencegah agar virus itu tidak menular kepada orang lain.

Pesan yang paling terakhir, “marilah kita semua berdoa kepada Tuhan YME, agar kita semua terhindar dari wabah Virus Corona ini,” tutup Danramil. (Jim/hR)