Pangdam IM Hadiri Penutupan TMMD Ke-109 Kodim 0110/Abdya

Foto : Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, saat menandatangani berita acara penyerahan secara simbolis hasil TMMD Ke-109, dari Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, disaksikan Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin SIP MM, di pendopo Bupati setempat.

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT |

Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Kodim 0110/Abdya selama satu bulan sekarang sudah mencapai titik akhir.

Dimana segala bentuk kerja keras dan upaya untuk membangun sebuah desa sudah terwujud, dalam hal ini orang nomor satu ditubuh TNI Provinsi Aceh itu, menghadiri acara penutupan kegiatan TMMD Reguler Ke-109, yang sebulan lalu dilaksanakan di Gampong Babah Lhung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (21/10/2020).

Dandim 0110/Abdya dan juga sekaligus Dansatgas TMMD Ke-109 Kodim Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan TMMD terhitung mulai tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020 di Gampong Babah Lhung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya.

Hasil yang dicapai terdiri dari dua sasaran fisik, Pertama pembukaan badan jalan dengan jarak 2.500 meter lebar 5 meter dengan hasil 100 persen, peningkatan badan jalan dengan jarak 1000 meter, lebar 4 meter dengan hasil dari 100 persen, pembersihan badan jalan sepanjang 3000 meter dengan hasil 100 persen, pemasangan aramco di tiga titik dengan hasil 100 persen, pembuatan 3 unit jembatan dengan hasil 100 persen, pemasangan bronjong dengan hasil 100 persen,” sebut Dandim.

Sedangkan kegiatan non fisik yang kami lakukan adalah, Penyuluhan bela negara, Penyuluhan kesehatan, Penyuluhan KB kes, Penyuluhan narkoba, Penyuluhan tentang Kehutanan, Penyemprotan disinfektan dan Pembagian masker.

Kami laporkan bahwa Satgas TMMD berjumlah 150 orang terdiri dari, 15 orang dari personel Kodim 0110/Abdya, Kemudian asistensi dari berbagai instansi sejumlah 25 orang, satuan Kompi batalyon 115, batalyon 116 berjumlah 110 orang, ditambah dengan masyarakat dengan pelaksanaan gotong-royong berjumlah kurang lebih 20 sampai 30 orang per hari.

Kemudian anggaran yang digunakan dalam TMMD ini ada dua, yaitu dari anggaran dari Mabes TNI, dan anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Abdya.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH dalam sambutannya juga mengatakan, Ketika saya Bupati tiap tahun dengan mengagendakan TMMD, tahun lalu, tahun depan, kegiatan itu terus selalu ada.

Kami juga berterima kasih telah ditempatkan anggota-anggota TNI yang baik, yang selalu bisa kita komunikasikan banyak hal dan juga kita bisa berbagi persoalan selama ini. Titik berat  peran TNI di sini memang lebih banyak mengikuti sektor-sektor  kerakyatan yang utama.

Di sini TNI bergerak sangat aktif, terutama di pertanian, saya mendapat penghargaan tertinggi Nasional sebagai bupati dengan pengembangan terbaik di Istana Presiden juga atas dukungan teman-teman dari TNI. Di sini mungkin satu-satunya daerah di Indonesia yang anggota TNI khususnya Babinsa yang tiap hari bergelut dengan pertanian,” ujar Bupati.

Dikatakannya, disini ada program taman serentak, program ini membutuhkan energi yang besar bagaimana mendisiplinkan petani, bagaimana mencapai target pekerjaan sesuai dengan rencana awal.

Adapun pengelolaan alat-alat pertanian itu peran TNI memang bekerja sangat maksimum, disini Babinsa nya kita SK kan dalam SK Bupati, jadi dalam pengelolaan tanah itu meraka punya sedikit hak, jadi nanti jangan dilaporkan bahwasanya itu pungli, akan tetapi itu memang haknya mereka karena mereka juga terlibat dalam pengolahan tanah tersebut.

Kami juga berharap, ada hal-hal baik yang dilanjutkan, semoga tidak ada satu aturan yang membatasi, karena program yang diapresiasikan dari mana-mana di Abdya itu kalau tidak didukung oleh forkopimkab, oleh TNI itu susah prosesnya. Oleh karena itu kita saling koordinasi saling komunikasi, sehingga target pengembangan pangan di Abdya tidak mengalami kendala,” imbuhnya.

Sementara itu, Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Hassanuddin, SIP, MM Sekaligus menutup kegiatan program TMMD Ke-109 Kodim 0110/Abdya Tahun 2020 mengatakan, secara Nasional hari ini adalah Kegiatan penutupan TMMD Reguler Ke-109 yang secara terus menerus, dalam beberapa tahun ini kita mendukung kegiatan pembangunan tiga kali dalam setahun, dalam beberapa tahun ini.

Hari ini secara serentak kegiatan penutupan TMMD, kebetulan diwilayah Kodam IM ada tiga tempat yaitu, di Kabupaten Abdya, Kabupaten Aceh Tengah, dan Kabupaten Pidie.

Program yang disampaikan oleh Bupati itu boleh saja dilaksanakan setiap tahun dalam format yang berbeda, tapi ditentukan oleh Mabes TNI. Kami menyambut baik apa yang disampaikan dan diprogramkan oleh Bupati terima kasih, mana kala kami bisa membantu mengerjakan sesuai peran, dan fungsi kami secara bersinergi dengan fungsi-fungsi yang lain kita bisa kerjakan secara bersama-sama,” tutur Pangdam.

Selanjutnya, dalam suasana pandemi Covid-19 ini tentunya wabah ini sudah dirasakan disetiap penjuru dunia bukan hanya kita saja, walapun dalam laporan Abdya ini masuk dalam wilayah yang kondusif.

Maka dari itu kami, menghimbau marilah untuk selalu mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan, dengan senantiasa memakai masker, menjaga jarak, dalam kerumunan yang tidak perlu, jangan terlalu lama selalu jaga kebersihan dan jaga diri.

Yang bisa menjaga itu diri kita sendiri dan keluarga, mari kita menjadi contoh menjadi pahlawan pada diri kita masing-masing dan lingkungan kita”.

Insya Allah, akan terhindar dari hal tersebut. Kalau sudah berupaya tapi masih juga kena itu adalah rejeki kita atau juga musibah dan ujian untuk diri kita yang menimpa,” paparnya.

Atas nama pribadi dan atas nama Pangdam Iskandar Muda mengucapkan’, banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi secara bersama-sama menjalankan program ini, dengan adanya jalan ini bisa lebih meningkatkan perekonomian masyarakat dan kemakmuran di tempat tersebut.

Tentunya kami mengajak semua tidak menjadi golongan yang rugi, sehingga apapun yang kita kerjakan hari ini akan senantiasa dari hari kemarin, dan yang kita rencanakan hari esok akan lebih baik dari hari ini.

Dengan mengucapkan “Bismillahir rahmanirrahim” Kegiatan Program TMMD Ke-109 Kodim 0110/Abdya Ditutup,” Demikian Pungkas Pangdam.

Pantauan awak Media, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, Wakil Bupati Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, selaku Dansatgas TMMD, Kapolres AKBP Muhammad Nasution SIK, Kajari Nilawati SH, MH, Sekda Drs. Thamrin, unsur Forkopimkab, para asisten, Kepala SKPK dan undangan lainnya. (MS/hR)

Don`t copy text!