Pisah Sambut Kepala Madrasah di Aceh Utara Berlangsung Haru

Foto : Penyerahan Berita Acara Sertijab di MIN 10 Aceh Utara, Kamis (8/10/2020). (hR/Yoes

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Sebanyak tiga (3) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di lingkungan Kemenag Aceh Utara menyelenggarakan agenda pisah sambut Kepala Madrasah (Kamad). Ketiga Madrasah dimaksud, yaitu MIN 28 Aceh Utara, MIN 10 Aceh Utara dan MIN 26 Aceh Utara.

Amatan Media ini, acara pisah sambut Kepala MIN 28 Aceh Utara dari Saifuddin, S.Pd.I kepada Baharuddin, S.Pd, M.Pd yang berlangsung pada Kamis (8/10), turut hadir Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad), Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA, para mantan Kepala MIN 28 Aceh Utara dan Ketua Komite Madrasah, M. Nasir serta para undangan lainnya, berlangsung khidmat.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Utara, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA saat menyampaikan sambutannya pada acara Lepas Sambut/Sertijab Kepala MIN 28 Aceh Utara

Dalam kesempatan itu, H. Hamdani A. Jalil mewakili Kakankemenag Aceh Utara dalam arahannya mengatakan, mutasi dan pergantian pejabat lama digantikan pejabat baru adalah suatu hal yang biasa demi penyegaran dan pengembangan karir.

Selain itu, juga merupakan kebutuhan sebuah organisasi serta sebuah cara dan strategi menggali potensi pegawai dan sfaf Kementerian Agama.

Oleh karena itu, mari secara tulus ikhlas menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya”, pintanya.

Sebelumnya, Saifuddin sebagai Kamad yang lama dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, terutama kepada dewan guru/pegawai jika selama mengemban tugas di MIN 28 Aceh Utara ini terdapat kekhilafan dan kesalahan, baik disengaja maupun tanpa disengaja.

Sebagai manusia, semua kita tidak terlepas dari kesalahan dan kesilapan, maka pada hari ini saya memohon maaf kepada Bapak/Ibu sekalian”, ujarnya dengan nada terbata-bata diwarnai tetesan air mata.

Selain itu, ia juga berpesan agar Kamad yang baru, Baharuddin dapat melanjutkan program yang selama ini diagendakan. Jika terdapat kekurangan, kiranya dapat memaklumi dan disempurnakan demi pengembangan dan peningkatan kualitas siswa, ujar mantan Kepala MIN 28 Aceh Utara yang kini menjabat Kepala MIN 10 Aceh Utara.

Baharuddin, S.Pd, M.Pd selaku Kamad yang baru, dalam sambutannya meminta dukungan dari semua pihak baik dari Kankemenag, majelis guru, staf dan jajaran komite kiranya dapat bekerjasama dalam memajukan dan mengembangkan Madrasah.

Hanya dengan kerjasama dan kekompakan, Insya Allah pengembangan dan peningkatan mutu madrasah ini dapat tercapai secara maksimal sebagaimana yang kita harapkan”, pungkas mantan Kepala MIN 26 Aceh Utara ini.

M. Nasir selaku Ketua Komite Madrasah mengucapkan selamat datang kepada Kamad yang baru MIN 28 Aceh Utara, dan selamat jalan kepada Saifuddin, semoga semakin sukses di tempat tugas yang baru.

Guru dan Pegawai MIN 10 Aceh Utara Sambut Kehadiran Kamad Baru. Sementara itu, MIN 10 Aceh Utara yang selama ini dipercayakan kepada Sanusi, S.Pd sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kamad menanti kehadiran Kamad baru. Acara penyambutan Saifuddin, S.Pd.I digelar Jum’at (9/10) di Madrasah setempat.

Turut hadir Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA, Kasi Penmad, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA, Kordinator Pengawas Madrasah, Drs. H. Karimuddin, Ketua Komite, Drs. Maksum Isa dan para undangan lainnya.

Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, S.Ag, MA  memberikan sambutan dan bimbingan di MIN 10 Aceh Utara

Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina dalam sambutan dan bimbingannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Plt. Kepala MIN 10 Aceh Utara, Sanusi, S.Pd bersama dewan guru dan pegawai atas kebersamaan dan kekompakannya selama ini. Kebersamaan inilah yang selalu kita harapkan, sehingga suasana dalam sebuah organisasi, Madrasah ataupun satuan kerja lainnya tercipta suasana harmonis laksana dalam sebuah keluarga, katanya.

Berbuatlah yang terbaik selama memimpin suatu madrasah dan jadikanlah amanah yang diberikan sebagai wasilah untuk masuk syurgaNya Allah SWT, ajak Salamina.

Ucapan selamat juga disampaikannya kepada Kamad yang baru dalam meneruskan berbagai program yang telah dicetuskan dan sedang dijalankan oleh Plt. Kamad sebelumnya.

Dikatakan juga, bahwa pada saat lepas-sambut Kamad MIN 28 Aceh Utara, beliau tidak sempat menghadirinya, karena ada kunjungan silaturrahmi dalam rangka studi banding Kakankemenag Kabupaten Bener Meriah bersama rombongan ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lhoksukon Aceh Utara, terang H. Salamina.

Ketua Komite MIN 10 Aceh Utara, Drs. Maksum Isa memberi dukungan sepenuhnya kepada pimpinan Madrasah yang baru dan berharap MIN 10 Aceh Utara bisa berkembang dan selalu eksis dalam peningkatan kuslitas.

Di tempat terpisah, Humas Kankemenag Aceh Utara, Masnoer kepada Media haba RAKYAT online.com mengabarkan, selain dua MIN tersebut yang melaksanakan kegiatan ini, ada lagi madrasah yang menggelar acara yang sama, yaitu MIN 26 Aceh Utara pada Sabtu 10 Oktober 2020.

Madrasah ini yang sebelumnya dikepalai Bapak Baharuddin, S.Pd, M.Pd (sekarang Kepala MIN 28 Aceh Utara), akan diserahkan kepada bapak Zukarnain, S.Pd.I, MA, yang dulunya beliau guru sekaligus Kepala MAS Jabal Nur Aceh Utara, juga salah seorang Instruktur Nasional Kurikulum 2013 Provinsi Aceh”, tuturnya.

Sementara satu Madrasah lagi, MIN 12 Aceh Utara yang dipimpin Muhsin, S.Pd.I, M.Pd.I yang sebelumnya sebagai Plt pada Madrasah tersebut, kini mendapat jabatan sebagai Kepala MIN 12 Aceh Utara dalam pelantikan baru-baru ini, tutup Masnoer. (Yoes/hR)