Rangkaian Kegiantan Non Fisik TMMD, Sejumlah Pelajar Mengikuti Penyuluhan Bela Negara

Foto : Kegiatan non fisik (Penyuluhan Bela Negara) dilakukan oleh tim Satgas TMMD Ke-109 Kodim 0110 Abdya, Rabu (30/9/2020). (hR/MS)

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT |

Rangkaian kegiatan non fisik terus dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0110 Aceh Barat Daya (Abdya). Hari ini tim Satgas TMMD Ke-109 Kodim 0110 Abdya memberikan Penyuluhan Bela Negara kepada para pelajar MAN Blangpidie, Rabu (30/9).

Kegiatan penyuluhan bela negara ini bagian terpenting dalam pelaksanaan TMMD Ke-109 yang digelar tahun ini. Dalam kegiatan tersebut, bukan saja bidang fisik yang diutamakan namun juga bidang non fisik juga disisipkan sebagai upaya penanaman jiwa nasionalisme dan membentuk pelajar maupun masyarakat yang tangguh.

Dandim Kodim 0110 Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo mengatakan, arti bela negara disini bukan harus angkat senjata menghadapi musuh yang nyata, tetapi bela negara disini adalah menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dalam tanggung jawabnya sebagai masyarakat yang cinta aturan.

Menghormati bendera merah putih dan lainnya juga sudah termasuk membela negara. Namun, Para pelajar merupakan juga generasi penerus bangsa yang juga bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban, cinta tanah air, melestarikan lingkungan, sadar berbangsa dan bernegara serta membina kerukunan” sebutnya.

Sementara itu, pemateri dalam kegiatan bela negara tersebut. Tajudin mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara. Melalui penyuluhan bela negara yang di berikan kepada pelajar ini sebagai upaya untuk membentuk karakter cinta terhadap tanah air.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kecintaan kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sebagai warga negara kita diwajibkan ikut serta dalam upaya membela negara yang bisa diwujudkan ke dalam beberapa bentuk, diantaranya pendidikan kewarganegaraan, mempelajari dan menghayati ilmu pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga negara,  termasuk bagaimana menjadi warga negara yang baik, warga negara yang patuh pada hukum. Upaya bela negara bukan hanya tugas TNI-Polri dan pemerintah saja, melainkan semua elemen masyarakat termasuk juga para pelajar sebagai generasi penerus bangsa,” pungkasnya. (MS/hR)