Tanamkan Rasa Nasionalisme, Satgas TMMD Ke-109 Kodim/0102 Pidie Beri Penyuluhan Belneg

Foto : Peserta Penyuluhan Bela Negara antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD Ke-109 Reguler Kodim 0102/Pidie di Gampong Hagu, Padang Tiji, Minggu (18/10/2020). (Dok. Pen Dim 0102/hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Untuk menanamkan semangat juang para pahlawan bangsa dan cinta tanah air, Satgas TMMD Ke-109 Reguler Kodim 0102/Pidie menggelar Sosialisasi Bela Negara (Belneg) kepada masyarakat Gampong Pulo Hagu Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Provinsi Aceh. Minggu (18/10).

Seiring perkembangan jaman, hal-hal yang berbaur sejarah kemerdekaan Indonesia perlahan mulai pudar. Masyarakat lebih mementingkan kehidupan pribadi yang bebas berekspresi di bandingkan jasa para pahlawan yang gugur memerdekakan Indonesia.

Pasi Ter Kodim 0102/Pidie Kapten Inf. Dwi Santosa selaku pemateri mengatakan, “Kita selaku anak bangsa, harus peduli terhadap negeri ini, sudah banyak yang di korbankan oleh para pendahulu, demi kita selaku anak cucu dari ibu Pertiwi”, ucapnya.

Lebih Lanjut, Pasi Ter menyampaikan agar masyarakat Gampong Pulo Hagu menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang, dengan cara ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan hari-hari besar nasional, apalagi pada saat 17 Agustus yang menjadi hari paling sakral bagi bangsa Indonesia dimana teks proklamasi dibacakan pada saat itu.

Pasi Ter Berharap, Dengan adanya penyuluhan yang merupakan sasaran non fisik dari kegiatan TMMD Ke-109, masyarakat menjadi cerdas dan  harus bisa bersatu didalam perbedaan. Yakinkan dan pegang teguh Pancasila dan UUD 1945 sebagai sumber hukum yang senantiasa menjiwai pola pandang.

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Gampong Pulo Hagu mendapat apresiasi dan semangat dari masyarakat yang hadir pada saat itu. Bahkan ada salah satu tokoh pemuda yang tanpa sengaja meneriakkan kata “Merdeka” pada saat kegiatan berakhir, sehingga membuat peserta yang hadir pun turut tersenyum dan tertawa kecil mendengar hal yang spontan ini. (AA/hR)