Tim Rumoh Aspirasi Teuku Riefky Harsya Bagikan Beasiswa PIP di Abdya

Foto : Aidil Mashendra, S.Pd di dampingi oleh, Nurdianto, Joni Kapluk, saat menyerahkan Bantuan Beasiswa Usulan Teuku Riefky Harsya melalui Kemendikbud RI, Kamis (1/10/2020). (Mufhti Syuhadha/hR)

Aceh Barat Daya – haba RAKYAT |

Tim Rumoh Aspirasi Teuku Riefky Harsya (TRH) melakukan sosialisasi dan menyerahkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilakukan secara simbolis di SMP N 1 Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Kamis, (1/10).

Program Indonesia Pintar ini merupakan program yang diusulkan oleh Teuku Riefky Harsya salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) asal Aceh, melalui Kemendikbud RI Tahun 2020 yang juga merupakan program lanjutan setiap tahunnya.

Tenaga Ahli Teuku Riefky Harsya, Aidil Mashendra, S.Pd menjelaskan, beasiswa ini adalah beasiswa usulan Teuku Riefky Harsya melalui Kemendikbud RI tahun 2020 diluar usulan sekolah, atau dinas (Regular) yang mengacu pada data pokok pendidikan (Dapodik) siswa dan beasiswa PIP ini untuk setahun sekali.

Beasiswa ini diusulkan untuk setahun sekali, jika ingin dapat untuk tahun berikutnya maka harus diusulkan kembali, walaupun sebagian ada yang dapat secara otomatis setiap tahunnya. Bagi yang tidak dapat secara otomatis setiap tahunnya, maka wajib mengusulkannya kembali pada Rumoh Aspirasi Teuku Riefki Harsya di tahun berikutnya,” jelas Aidil.

Kemudian dikatakan, beasiswa yang telah tersalurkan hingga tahun 2020 dari awal tahun 2015, hingga sekarang total beasiswa yang telah disalurkan oleh TRH adalah 239.503 orang siswa.

Untuk tahun 2020 beasiswa ini berjumlah 18.901 orang siswa untuk Provinsi Aceh, baik itu Kabupaten ataupun Kota yang meliputi daerah pemilihan TRH.

Untuk Abdya beasiswa ini ada 620 orang, dengan rincian Sekolah Dasar (SD) 375 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 219 orang, Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 orang, Sekolah Menengah kejuruan (SMK) 23 orang untuk tahun 2020”.

Ditahap kedua nanti ada penambahan sebanyak 93 orang di SMA Tunas Bangsa. Untuk jumlah uang beasiswa yang diterima, tingkat SD Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, SMA dan SMK masing-masing mendapatkan Rp 1 juta,” sebutnya.

Beasiswa ini ditujukan untuk keluarga Miskin dan rentan Miskin dibuktikan dengan Dapodik siswa, hari ini kita buat kartu agar siswa tau Nomor Rekenig yang mana, dibelakangnya kami juga mencantumkan Nomor HP agar nanti di Bank mereka tau siapa yang dihubungi jika tidak mengerti.

Aidil juga berharap, dengan adanya bantuan ini siswa bisa terbantu, bisa lebih mudah untuk belajar dan juga bermanfaat untuk penerima supaya tidak mempersulit disaat Pandemi Covid-19 sedang melanda.

Semoga beasiswa ini bisa digunakan untuk kepentingan siswa dan bukan untuk kepentingan orang tua dan ini guna untuk meningkat kan proses belajar walaupun dalam masa pandemi ini, jika ingin membeli HP juga bisa, karna sekarang disokolah diterapkan belajar Online ya tidak jadi masalah,” Pungkas Aidil.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Abdya diwakili Kader Nurdianto mengatakan, kami dari jajaran Partai Demokrat mulai dari Kabupaten sampai Kecamatan sangat berterima kasih untuk semua tim yang telah memperjuangkan program PIP ini, sehingga keluarlah hasilnya pada hari ini.

Pengurus Demokrat Abdya sudah berusaha semaksimal mungkin, alhamdulillah pada hari ini setelah kami melihat data-datanya pun untuk Kecamatan Setia masih didalam urutan ke tiga di Kabupaten Abdya”.

Dibandingkan dengan Kecamatan yang lain, Kecamatan Setia ini lebih banyak penerimanya bantuan beasiswa dari program Teuku Riefky Harsya. Terima kasih untuk semua tim yang telah berhadir, kami jajaran Partai Demokrat berharap kedepan supaya untuk diprioritaskan lagi untuk Kabupaten Abdya,” Ujar Nurdianto.

Selanjutnya, siswa dan siswi penerima beasiswa PIP-TRH juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR-RI Teuku Riefky Harsya “Terima Kasih Kepada Bapak Teuku Riefky Harsya Atas Usulan Beasiswanya Untuk Kami, Semoga Pak Riefky Sehat Selalu, Terima Kasih Pak Riefky”.

Pantauan Awak media, dalam kegiatan tersebut juga turut hadir perwakilan wali murid dari masing-masing sekolah, SD, SMP dan SMA di Kecamatan Setia sebagai penerima manfaat program beasiswa PIP TRH.

Selain itu juga turut hadir, Ketua DPRK Abdya Nurdianto Selaku Kader Demoktar, Tenaga Ahli Anggota DPR-RI Teuku Riefky Harsya Aidil Mashendra, S.Pd, Kepsek SMP N 1 Setia Mansur, S.pd, Bhabinsa Serda Jol Helmi, Kopda Taisir, Joni Kapluk, dan seluruh Tim Rumoh Aspirasi Teuku Riefky Harsya. (Mufhti Syuhadha/hR)

Don`t copy text!