TMMD Ke- 109 Wilayah Kodim 0106 Aceh Tengah Berakhir

Foto : Penyerahan naskah serah terima pekerjaan kegiatan TMMD ke-109 dari Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan kepada Bupati Shabela Abubakar saat acara penutupan di Oproom Setdakab setempat, Rabu (21/10/2020). Foto dok Pendim Aceh Tengah.

Aceh Tengah, haba RAKYAT |

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0106/Aceh Tengah, dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” yang berlangsung di Kampung Kala Wih Ilang dan Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, kabupaten setempat telah berakhir.

Acara penutupan bakti TNI tersebut, dilaksanakan di Oproom Setdakab Aceh Tengah, Rabu (21/10/2020). Dihadiri oleh Kapoksahli Kodam Iskandar Muda (IM) Brigjen TNI Bambang Indrayanto, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan, Kapolres AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, Kajari Nislianuddin, Ketua Pengadilan Endi Nurindra Putra SH MH, serta Wakil Ketua DPRK Ansari SE.

Pangdam IM dalam sambutannya yang dibacakan Kapoksahli Brigjen TNI Bambang Indrayanto menyampaikan, upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-109 yang dilaksanakan serentak di tiga kabupaten dalam wilayah Kodam Iskandar Muda.

“TMMD sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral. Dilaksanakan terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya kawasan yang tergolong tertinggal, terpencil dan daerah akibat bencana,” kata Bambang Indrayanto.

Dia menuturkan, selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-109 dibuka pada 22 September 2020 lalu, para Prajurit TNI, Kepolisian, pegawai Pemda serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna menyelesaikan program TMMD.

“TMMD yang diprogramkan dan telah dilaksanakan, merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga terkait lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah guna mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Bambang Indrayanto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersama bekerja, dengan semangat gotong royong mengatasi berbagai masalah serta tatangan besar, sehingga bisa sejalan dengan tema TMMD yaitu pengabdian untuk negeri. 

“Ingatlah, bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan, bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah,” ungkap Bambang Indrayanto.

Dia merincikan, pada kegiatan TMMD ke-109 tahun 2020 ini, untuk wilayah Kodim 0102/Pidie telah diselesaikan sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru sepanjang 3,5 kilometer, peningkatan dan pelebaran badan jalan sepanjang 8 kilometer, pembangunan gorong-gorong sebanyak 8 unit, pembuatan jembatan 1 unit dan rehab rumah tidak layak huni 2 unit.

Sedangkan  di wilayah Kodim 0106/Aceh Tengah, juga telah diselesaikan pelebaran dan pengerasan jalan sepanjang 4,2 kilometer, pemasangan gorong- gorong di 4 titik serta pembuatan jembatan sebanyak 1 unit.

Sedangkan di wilayah 0110/Aceh Barat Daya, telah diselesaikan pembukaan jalan baru sepanjang 2,5 kilometer, penimbunan badan jalan sepanjang 1 kilometer, pembangunan jembatan sebanyak 3 unit, pemasangan aramco di 3 titik, serta pemasangan bronjong di 1 lokasi.

Selain sasaran fisik, kegiatan TMMD  menyelenggarakan sasaran non-fisik berupa penyuluhan pertanian, kesehatan, keluarga berencana, kamtibmas, kehutanan, hukum, negara, bahaya narkoba, terorisme dan paham radikal.  Kegiatan nonfisik dilaksanakan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat.

“Saya selaku Pengendali Kegiatan Operasional (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak. Terutama kepada pemerintah daerah atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam kesempatan sama, dirinya menilai jika pelaksaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0106/Aceh Tengah yang dilaskanakan di Kampung Kala Wih Ilang dan Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, Kabupaten setempat, sangat membantu dalam meningkatkan pembangunan desa.

“Menurut hemat kami, pelaksanaan TMMD telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Program ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk membantu masyarakat,” katanya. 

Dikatakanya selain pembangunan fisik, dalam kegiatan TMMD juga dilaksanakan program non-fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan pencegahan narkoba, serta penyuluhan pencegahan terorisme dan paham radikal.

“Pembangunan non-fisik ini, sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh semangat Nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa. Ancaman tersebut dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas serta isu bangkitnya kembali komunisme,” sebutnya.

Untuk itu melalui kegiatan TMMD, Bela berharap menjadi salah satu upaya TNI bersama pemerintah daerah dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

“Pemkab Aceh Tengah, berharap adanya peningkatan kerjasama antar seluruh instansi, baik TNI, POLRI dan sipil dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. 

Sementara Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan menyebutkan, para prajurit TNI, Polri, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras guna menyelesaikan program TMMD Reguler Ke-109 ini. “Selaku Dansatgas, saya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung jalannya TMMD sehingga berjalan lancar serta mencapai target,” ucapnya.

Meski TMMD ke-109 telah berakhir, sebut Teddy Sofyan, dia berharap kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah bisa semakin terjaga, sehingga dapat meningkatkan ketahanan nasional.

“Semoga hasil karya program TMMD ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan warga masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Dalam penutupan acara TMMD ini, selanjutnya dirangkai dengan penyerahan naskah serah terima pekerjaan dari Dandim 0106/Aceh Tengah, kepada Bupati Shabela Abubakar.

Di akhir kegiatan tersebut Kapoksahli Kodam Iskandar Muda (IM) Brigjen TNI Bambang Indrayanto, kepada media menyampaikan pasca kegiatan TMMD di Aceh Tengah yang ke 109, selanjutnya bila sebelumnya dilaksanakan setahun 2 kali, maka pada kesempatan berikutnya (TMMD Ke- 110, Red-) akan dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam setahun. (Rel)

Don`t copy text!