Antisipasi Bencana Alam, Kodim 0102/Pidie Gelar Apel Kesiap Siagaan

Foto : Dandim 0102/Pidie memeriksa barisan peserta apel gabungan latihan kesiap siagaan antisipasi bencana alam, Jum’at (06/11/2020). berlangsung di lapangan bola kaki Blang Paseh Kota Sigli. (Dok.Pen Dim 0102/hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Dalam Rangka Antisipasi Serta Kesiapan Personil Menghadapi Bencana Alam Yang Sewaktu Waktu Bisa Terjadi, TNI Polri bersama Forkopimda Menggelar Apel kesiap Siagaan dan Gelar Peralatan serta Simulasi Bencana di Lapangan bola kaki Blang Paseh, Kota Sigli, Pidie, Provinsi Aceh, Jum’at (06/11/2020).

Apel kesiap siagaan dipimpin oleh Dandim Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E, M.I.P dan dihadiri wakil Bupati Pidie T. Fadhullah TM Daud, ST, Kasdim 0102/Pidie Mayor Arm Musani, S.Pd,. M.Sc, Kapolres Pidie diwakili Kabag Ops Akp Iswahyudi, SH, Kasi Intel Kajari Pidie Fauzi, SH, MH, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Ir Dewan Ansari, Danpos AL Pidie Letda Laut Manurung, Dan Sub POM Sigli Lettu Cpm Purwadi, Danki Armed 17/Komposit Lettu Arm Ibnu Yusri S, Tagana Kabupaten Pidie Nasrul, S.Pd,. M.Pd, Danramil Jajaran Kodim Pidie dan Pejabat Pemkab Pidie.

Kegiatan Apel Kesiap Siagaan dan Gelar Peralatan merupakan langkah Antisipasi menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang diwilayah Kabupaten Pidie.

Dandim 0102/Pidie an. Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E, M.I.P. Dalam amanatnya mengatakan bahwa Apel gelar pasukan dan perlengkapan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan Personel dan materil yang akan digunakan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Pidie.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan,” bahwa apel gelar pasukan dan peralatan ini juga untuk mengecek sejauh mana perencanaan yang sudah disiapkan baik peralatan dan personil sehingga siap untuk dipakai dan digunakan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam, seluruh unsur pelaksana penanggulangan bencana harus selalu waspada guna mengantisipasi dan melakukan langkah strategis seperti sosialisasi dan deteksi dini,” tutur Dandim.

Dandim berharap, “melalui latihan ini semua unsur dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi, sehingga ketika terjadi bencana tidak terlalu sulit untuk mengatasinya, semoga di Kabupaten Pidie tidak terjadi bencana alam dan apabila terjadi bencana alam melalui apel gelar pasukan dan perlengkapan ini kita semua sudah siap untuk menanggulangi dan mengantisipasi terjadinya bencana alam,” ungkap Dandim.

Selesai apel Kesiap siagaan dan gelar pasukan juga perlengkapan di laksanakan, kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan pertolongan pada korban bencana alam banjir.(AA/hR)

Don`t copy text!