Babinsa Koramil 02/Padang Tiji, Dampingi Petani Agar Ketahanan Pangan bisa Terwujud

Foto : Kopda Jumadika Kodim 0102/Pidie sedang melihat tanaman cabai milik seorang warga di Gampong Keutapang Tanjong, Kecamatan Padang Tiji, Senin (02/11/2020), yang merupakan Gampong wilayah kerjanya sebagai Babinsa. (Dok.Pen Dim 0102/hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional Babinsa Koramil 02/Padang Tiji, Kodim 0102/Pidie Kopda. Jumadika Melaksanakan Pendampingan ketahanan pangan pengecekan hama tanaman cabe.

Kegiatan ini dilakukan Kopda. Jumadika pada saat Panen cabe milik seorang petani Abdullah Bakar, yang mempunyai lahan seluas 0,5 Ha, dan merupakan salah seorang anggota kelompok Tani Belang Cot di Gampong Keutapang Tanjong Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Provinsi Aceh, Senin (02/11).

Kegiatan pendampingan pertanian sudah menjadi bagian tugas para anggota Babinsa, sebagai salah satu wujud pemberdayaan wilayah bidang pertanian. Guna menjaga kelangsungan ketahanan pangan daerah menuju ketahanan pangan nasional.

Kopda. Jumadika mengatakan “untuk mencapai Swasembada pangan, perlu usaha yang maksimal dan kerja sama, antara Babinsa dengan petani, salah satunya melaksanakan pengecekan hama pengganggu tanaman cabe secara teratur dan terjadwal, sehingga pertumbuhan tetap terjaga“. jelasnya.

Pendampingan yang dilakukan Babinsa bertujuan “untuk memberikan motivasi kepada petani agar tetap semangat, dengan perawatan yang optimal mendapatkan hasil yang maksimal dan tanaman cabe akan tumbuh subur“, terangnya.

Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab selaku Babinsa, untuk membantu dan mendampingi masyarakat petani mulai penyiapan lahan, penyemaian bibit, monitoring perkembangan tanaman, hingga panen“.

Di samping itu, “Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani, dan pola tanam sesuai dengan prosedur demi hasil yang maksimal,” ungkapnya. (AA/hR)

Don`t copy text!