Babinsa Koramil 25/GLP Baro Kodim 0102/Pidie Gotroy Bersama Petani Bersihkan Irigasi

Foto : Bersama warga gampong binaan, Sukon Paku, Glumpang Baro, Pidie Babinsa Koramil 25/GLP Baro Ikut Karya Bakti (Gotroy) bersihkan saluran irigasi persawahan. Senin (16/11/2020). (Dok.Pen Dim/hR/Asnawi Ali)

Sigli – haba RAKYAT |

Babinsa Koramil 25/Glumpang Baro, Kodim 0102/Pidie Koptu Riyadi bersama Petani melaksanakan kegiatan Gotroy pembersihan saluran irigasi tersier diareal persawahan Gampong Sukon Paku Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Senin (16/11).

“Irigasi adalah Wadah penampungan (penyediaan) dan pengaturan air untuk menunjang pertanian secara buatan maupun alami dari sumber air yang kemudian dialiri ke lahan-lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan tanaman”.

Karya bakti membersihkan irigasi dari endapan lumpur serta tanaman liar, yang dilakukan bersama warga tersebut bertujuan agar saluran air dapat mengalir dengan lancar menuju ke areal persawahan warga.

Musim hujan seperti sekarang ini ilalang atau rumput liar cepat sekali tumbuh, untuk itu kita harus rajin dan tekun melakukan pembersihan agar air bisa mengalir dengan lancar ke sawah-sawah para petani”, ujar Koptu Riya.

Dikatakannya, “Dengan sering melakukan karya bakti secara bersama-sama yang merupakan budaya nenek moyang kita yang perlu dilestarikan, maka secara tidak langsung kita juga sudah ikut melestarikan warisan budaya leluhur tersebut, yaitu budaya hidup Gotong Royong”.

Dengan demikian tujuan kita bersihkan irigasi adalah untuk mengalirkan air secara teratur sesuai kebutuhan tanaman pada saat persediaan air tanah tidak mencukupi dalam mendukung pertumbuhan tanaman. Dengan kita bersihkan secara teratur tanaman akan kecukupan air, dan bisa tumbuh secara normal“, jelas Koptu Riyadi.

Selain itu tujuan pembersihan saluran irigasi agar penyaluran air ke lahan-lahan bisa lancar, dengan kecukupan air tentu saja bisa meningkatkan produksi padi, sesuai target dalam rangka mensukseskan Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah“, imbuhnya. (AA/hR)

Don`t copy text!