Balai Diklat Keagamaan Aceh Gelar PDWK, Kemenag Aceh Utara Bina Operator Keuangan

Foto : MAN 2 Aceh Utara, tempat pelaksanaan kegiatan PDWK bagi pegawai TU madrasah oleh Balai Diklat Keagamaan Aceh dan acara Pembinaan Pelaporan/Monitoring Keuangan bagi Operator oleh Kankemenag Aceh Utara. (hR/Ist)

Aceh Utara – haba RAKYAT |

Bertempat di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Utara akan digelar Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Tata Naskah Dinas Angkatan-IV Tahun Anggaran 2020 bagi pegawai Tata Usaha (TU) di lingkungan Kankemenag Aceh Utara.

PDWK yang dilaksanakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Aceh ini berlangsung selama sepekan, sejak tanggal 16 hingga 21 November mendatang.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Balai Diklat Keagamaan Aceh, H. Zahrul Buadi, S.Sos saat dikonfirmasi Media haba RAKYAT dari Banda Aceh, Minggu (15/11) siang.

Program PDWK sebagai solusi mempermudah kegiatan bagi pegawai. Setelah PDWK dilaksanakan, akan ditindaklanjuti dengan monitoring (monev) dan evaluasi, artinya rencana tindak lanjut PDWK setelah pegawai TU melaksanakan tugas di tempat kerja masing-masing. Apakah hasilnya terealisasi atau masih perlu ditindaklanjuti”, katanya.

Lebih lanjut Zahrul menjelaskan, bahwa selama pelaksanaan kegiatan diklat ini, peserta tidak disediakan penginapan, akan tetapi para peserta berangkat dari rumah atau tempat tugasnya masing-masing.

Selain peserta bisa melaksanakan tugas kedinasan, juga masih bisa melaksanakan tugas rumah tangga untuk kepentingan keluarga.

Lokasi Man 2 Aceh Utara di Lhoksukon 

Sehubungan dengan pelaksanaan PDWK ini, kami sudah memberitahukan pihak Kankemenag Aceh Utara melalui surat resmi beberapa hari yang lalu”, pungkas Zahrul.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, MA melalui Kepala Subbag TU, Drs. H. Jamaluddin, M.Pd mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Balai Diklat Keagamaan Aceh, tentang pemanggilan peserta PDWK, Tata Naskah Dinas Angkatan-IV Tahun Anggaran 2020.

Ya, surat tentang pemanggilan peserta PDWK telah kami terima dan sudah diteruskan kepada Kepala Madrasah agar mengirimkan peserta untuk mengikuti kegiatan diklat ini, juga berbagai persyaratan yang harus dipersiapkan peserta, termasuk himbauan penerapan protokol kesehatan covid-19”, ujarnya saat dihubungi via telpon selularnya, Minggu (15/11) malam.

Dikatakan, data pegawai TU dari madrasah sebagai peserta PDWK, baik dari jenjang MI, MTs maupun MA telah diterima di Bagian Kepegawaian Kankemenag Aceh Utara, dengan jumlah keseluruhan 40 peserta sesuai dengan quota yang diberikan pihak Balai Diklat Keagamaan Aceh, sebut H. Jamaluddin.

Selain PDWK katanya, dalam waktu yang bersamaan, Kankemenag Aceh Utara juga melaksanakan pembinaan operator keuangan pada MTsN dan MAN, dengan jumlah peserta 25 orang, bertempat di ruang laboratorium MAN 2 Aceh Utara. Pembinaan e-mpa, e-monev dan e-smart ini berlangsung sehari penuh pada Senin, 16 November 2020 yang didampingi serta narasumbernya dari Kanwil Kemenag Aceh.

Karena Kankemenag Aceh Utara belum memiliki aula, maka lokasi pelaksanaan kedua kegiatan ini berlangsung di MAN 2 Aceh Utara dan kami telah berkoodinasi dengan Kepala Madrasahnya bapak Faisal untuk persiapan diklat ini dengan pengetatan protokoler covid-19. Insya Allah, acara PDWK ini akan dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Aceh Utara, H. Salamina, sedangkan Kasi Pendidikan Madrasah, H. Hamdani A. Jalil akan membuka acara Pembinaan Pelaporan Keuangan oleh Tim Kanwil Kemenag Aceh”, tutup Jamaluddin. (Yoes/hR)

Don`t copy text!